Breaking News:

Berita Bener Meriah

Bener Meriah Siapkan 2000 Hektare Lahan untuk Pemantapan Perdamaian dan Agrowisata

Pemkab Bener Meriah menyiapkan 2000 hektar lahan untuk program pemantapan penguatan perdamaian dan agrowisata...

For Serambinews.com
Wakil rakyat Aceh, Muslim SHI MM bersama Kadis Pariwisata Bener Meriah, Irmansyah SSTP di Tugu Radio Rimba Raya, Kabupaten Bener Meriah. 

Laporan Fikar W Eda | Bener Meriah

 

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Pemkab Bener Meriah menyiapkan 2000 hektare lahan untuk program pemantapan penguatan perdamaian dan agrowisata.

Bupati Bener Msriah Tgk Sarkawi menyampaikan hal itu dalam pertemuan dengan anggota DPR RI asal Aceh, Muslim SHI MM di Pendopo Bupati, Kamis (30/7/2020).

Lahan areal yang disiapkan itu adalah bagian dari program pemerintah dalam mendukung penguatan perdamaian Aceh akibat konflik.

"Lahan ini nantinya dipergunakan untuk program tersebut, guna membantu perekonomian mantan kombatan, Pembela Tanah Air atau PETA serta korban konflik lainnya. Tapi mekanisme pemanfaatan dan pengelolaan lahan sedang kami pikirkan, sehingga program ini benar- benar memberi manfaat," ujar Bupati Sarkawi.

Dalam pertemuan itu, Anggota Komisi IV DPR Muslim SHI MM menyarankan agar Bener Meriah fokus pada pengembangan sektor agrowisata. Ia menyatakan siap membantu pengembangan sektor tersebut melalui kursi parlemen di pusat.

"Kalau begitu sinkron dengan program pemantapan penguatan perdamaian ini, bahwa dipilih pengembangan sektor agrowisata. Tinggl dipadukan saja. Sebab kita tidak ingin lahan ini nanti diperjualbelikan," tambah Tgk Sarkawi.

Muslim yang duduk di Komisi IV DPR RI ini bermitra kerja dengan Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan lain-lain.

"Banyak  yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat karena sudah ada aturannya. Tinggal disesuaikan menurut kebutuhan," jelas Muslim.

Politisi Partai Demokrat itu juga menekankan agar areal lahan tidur juga diberdayakan secara optimal. Ia mendengar banyak areal terlantar tapi sudah dikuasai oleh pemilik HGU. Hanya saja tidak dimanfaatkan.

"Ini harus dipastikan betul, seluruh lahan dikelola. Kalau tidak, cabut saja izin HGU-nya,"  tukas Muslim.(*)

Cara Dapatkan Token Listrik Gratis PLN Bulan Agustus, Akses www.pln.co.id atau WA ke 08122123123

Muslim SHI MM, Dukung Pembangunan Museum Nasional Radio Rimba Raya di Bener Meriah

Fauzan Kamil Lc MA, Generasi Muda Aceh Siap Pimpin AMPUHRI

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved