Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Motif Songket Khas Aceh Tamiang akan Didaftarkan ke HKI

Menurutnya, hal ini bukan hanya untuk menghindari klaim dari daerah lain, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian para pengrajin kain songket...

SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Ketua Dekranasda Aceh Tamiang Rita Syntia mengalungkan kain songket kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Aceh Zulkifli, Kamis (3/9/2020). Motif songket akan didaftarkan ke HKI. 

Menurutnya, hal ini bukan hanya untuk menghindari klaim dari daerah lain, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian para pengrajin kain songket, bordir, dan lainnya.

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang, tengah menyusun katalog mengenai motif kesenian untuk didaftarkan sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Kemenkumham.

Penyusunan katalog tentang kesenian ini, melibatkan ahli waris tiga kerajaan besar yang pernah berdiri di Aceh Tamiang, yakni Istana Karang, Istana Benuaraja, dan Istana Seruway.

Pihak istana diharapkan, mampu memberi saran mengenai motif khas Aceh Tamiang yang akan dimasukan ke dalam songket, bordir, dan produk lainnya.

“Tiga Istana yang ada di Aceh Tamiang nanti kita undang untuk menyusun katalog, biar tidak ada sanggahan,” kata Ketua Dekranasda Aceh Tamiang, Dr Rita Syntia di sela diseminasi merek, kekayaan intelektual komunal, dan implementasi HKI bersama Kemenkumham Aceh, Kamis (3/9/2020).

Rita menambahkan, bila nanti katalog tersebut sudah tidak ada sanggahan, maka pihaknya akan mendaftarkannya sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Aceh Tamiang.

Menurutnya, hal ini bukan hanya untuk menghindari klaim dari daerah lain, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian para pengrajin kain songket, bordir, dan lainnya.

Kadisdik Dayah Banda Aceh: Pelaku Pencabulan bukan Guru Dayah

“Sepintas kan motif dan kain songket kita mirip dengan daerah lain, padahal masing-masing daerah memiliki identitas tersendiri,” ungkapnya.

Meski begitu, Rita memastikan sejauh ini belum ada kesenian maupun warisan budaya Aceh Tamiang yang diklaim daerah lain.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved