Breaking News:

Luar Negeri

Inggris Kerahkan Jet Tempur Ke Laut Hitam, Situasi dengan Rusia Makin Memanas

Jet tempur Inggris yang berbasis di Siprus diterbangkan ke wilayah Laut Hitam di tengah ketegangan dengan Rusia.

Editor: Faisal Zamzami
Sebuah jet tempur Tornado GR4 milik AU Inggris.(Wikipedia) 

SERAMBINEWS.COM, LONDON – Jet tempur Inggris yang berbasis di Siprus diterbangkan ke wilayah Laut Hitam di tengah ketegangan dengan Rusia.

Pemindahan posisi jet tempur itu dilaporkan oleh Sky News pada Sabtu (5/9/2020).

Jet tempur tersebut telah lama disiagakan di Siprus sebagai bagian dari misi untuk melawan ISIS.

Sumber militer mengatakan, Eurofighter Typhoons milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dikerahkan pada Jumat (4/9/2020) menyusul digelarnya latihan militer Rusia di daerah tersebut.

Pengerahan sejumlah jet tempur itu dibarengi dengan pengerahan pesawat tanker pengisi bahan bakar Voyager.

 Sumber itu mengatakan mereka beroperasi dengan sejumlah pesawat pengebom seperti B-52 milik Amerika Serikat ( AS) yang terbang dari sebuah pangkalan udara di Inggris, tempat mereka ditempatkan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa Eurofighter Typhoons RAF telah beroperasi di wilayah Laut Hitam.

"Itu menunjukkan kemampuan Inggris untuk mendukung kerja sama berkelanjutan dengan sekutu dan mitra di kawasan yang memperdalam hubungan dan keamanan kawasan," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Pada Jumat, Rusia mengatakan pihaknya menerbangkan delapan jet tempur untuk mencegat tiga pesawat pengebom strategis B-52 milik AS yang terbang di atas Laut Hitam.

Sebuah akun Twitter yang melacak pergerakan pesawat militer dan kapal perang menulis di Twitter tentang jet Eurofighter Typhoon yang terbang dari Siprus ke Ukraina.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved