Breaking News:

Video

VIDEO Hanya Lulus STM, Berikut Kisah Syukri Perancang Jengki Ie Teori Pascal Untuk Mengairi Sawah

Dibalik kesuksesan ini, Siapa yang tau ternyata Syukri yang merupakan warga Desa Cot Jrat tamatan STM tahun 1994 silam ini sudah melakukan ujicoba.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Syukri , Perancang Jengki Ie Made in Bireuen, atau pompa air tanpa mesin dan baterai, hingga kini masih sibuk menyiapkan produk serupa pada bengkel di yang merupakan bagian dari BUMG desanya.

Jengki Ie yang kini berfungsi mengaliri sawah di daerah dataran tinggi bahkan sudah dipesan oleh banyaka kecamatan dan kabupaten di Aceh.

Dibalik kesuksesan ini, Siapa yang tau ternyata Syukri yang merupakan warga Desa Cot Jrat tamatan STM tahun 1994 silam ini sudah melakukan ujicoba Jengki Ie sejak 17 tahun lalu.

Kala itu dengan peralatan seadanya, ujicoba dengan memanfaatkan teori Pascal ini dilakukan di rumahnya dan membuahkan hasil.

Kini, Syukri bahkan sudah memiliki tim konsultan, perancang, dan tim yang akan melakukan survey untuk memastikan Jengki Ie sesuai dengan kondisi topografi daerah yang menjadi lokasi pemasangan.

Syukri pun mengaku terus mempelajari berbagai kemungkinan lain, untuk menyempurnakan kinerja Jengki Ie yang terpasang di lokasi dengan ragam topografi daerah.

NARATOR : ARDIANSYAH

VIDEO EDITOR : REZA MUNAWIR

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: RezaMunawir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved