Breaking News:

Luar Negeri

Kampanye Donald Trump Langgar Protokol Virus Corona, Didenda Rp 44,5 Juta

Perusahaan Nevada yang mengadakan kampanye untuk Donald Trump di dalam ruang tertutup, dikenai denda 3.000 dollar AS (Rp 44,5 juta),

AFP
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato dalam acara Semangat Amerika di Gedung Putih, Kamis (2/7/2020). 

SERAMBINEWS.COM, HENDERSON - Perusahaan Nevada yang mengadakan kampanye untuk Donald Trump di dalam ruang tertutup, dikenai denda 3.000 dollar AS (Rp 44,5 juta), karena melanggar protokol dalam negeri tentang virus corona.

Kampanye yang dihadiri ribuan orang berlangsung pada Minggu (13/9/2020) dan menggunakan fasilitas dari Xtreme Manufacturing di Henderson, Nevada, telah melanggar batasan negara untuk pertemuan 50 orang atau lebih.

Melansir CNN pada Selasa (15/9/2020), ribuan peserta dalam kampanye itu tidak diharuskan memakai masker dan hanya menerapkan sedikit social distancing, oleh tim kampanye Trump.

Kota Henderson telah memperingatkan Xtreme Manufacturing bahwa mereka akan melanggar peraturan, jika kampanye dilanjutkan.

"Selama acara tersebut, seorang petugas kepatuhan mengamati 6 pelanggaran terhadap arahan dan Divisi Operasi Bisnis Kota telah mengeluarkan Pemberitahuan Pelanggaran Lisensi Bisnis untuk Xtreme Manufacturing dan menilai denda sebesar 3.000 dollar AS," kata Kathleen Richards, petugas informasi publik senior untuk kota Henderson, kepada CNN dalam sebuah pernyataan pada Senin (14/9/2020).

Richards menambahkan bahwa perusahaan "memiliki waktu 30 hari kalender untuk menanggapi pemberitahuan tersebut dan membayar denda atau menyengketakan pemberitahuan pelanggaran."

Acara dalam ruangan itu terjadi saat kematian akibat Covid-19 mendekati 200.000 secara nasional.

Motor Gede Guzzi V85 TT Dari Adventure Menjadi Tracker dari Builder Belanda

Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 9, Sudah Ikuti Prakerja tapi Insentif Tak Cair, Ini Sebabnya

Sebelumnya, kampanye Trump dalam ruangan serupa pernah diadakan di Tulsa, Oklahoma, pada Juni, yang kemudian terjadi lonjakan kasus virus corona di kota tersebut, serta banyak diagnosis di antara staf kampanye Trump dan agen Dinas Rahasia.

Ketika ditanya secara umum tentang kampanye Trump di Nevada, dan apakah itu akan membatasi jumlah peserta, tim kampanye Trump pada Sabtu (12/9/2020) hanya menawarkan penjelasan yang tidak jelas tentang protokol yang akan diikuti.

"Setiap peserta akan mendapatkan pemeriksaan suhu sebelum masuk, diberikan masker yang dianjurkan untuk mereka pakai, dan disediakan banyak hand sanitier," kata seorang pejabat kampanye kepada CNN.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved