Breaking News:

Raja Malaysia Sultan Abdullah Dirawat di Rumah Sakit, Klaim Anwar Ibrahim Jadi PM Baru Tertunda

Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah tidak akan menggelar audiensi dengan siapa pun selama sepekan karena dia sedang berada di rumah s

AFP
Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Malaysia Sultan Abdullah (AFP) 

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPURRaja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah tidak akan menggelar audiensi dengan siapa pun selama sepekan karena dia sedang berada di rumah sakit.

Kabar tersebut disampaikan oleh seorang pejabat istana pada Jumat (25/9/2020) ketika pemimpin oposisi, Anwar Ibrahim, ingin menemuinya untuk membentuk sebuah pemerintahan baru.

Sebelumnya, Anwar mengatakan bahwa dia telah mengantongi suara mayoritas "kuat dan tangguh" dari anggota parlemen untuk menggulingkan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin.

Tetapi dia harus meyakinkan Sultan Abdullah bahwa dia memiliki jumlah suara yang pasti untuk membentuk pemerintahan sebagaimana dilansir dari The Straits Times.

Anwar sebelumnya dijadwalkan untuk bertemu Sultan Abdullah pada Selasa (22/9/2020).

Namun pertemuan tersebut ditangguhkan karena Raja tidak sehat dan harus dibawa ke rumah sakit.

Gejolak politik di Malaysia baru-baru ini terjadi hanya berselang tujuh bulan setelah Muhyiddin naik menjadi Perdana Menteri Malaysia.

Muhyiddin, yang memiliki suara mayoritas tipis di parlemen, telah menolak klaim Anwar dan menantangnya untuk membuktikannya melalui proses konstitusional.

Raja Malaysia tidak sekadar memainkan peran seremonial di Malaysia.

Dia juga dapat menunjuk perdana menteri yang menurutnya kemungkinan akan memimpin mayoritas di parlemen.

Halaman
123
Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved