Breaking News:

Ini Cara Membedakan Virus Corona dengan Flu

Penyakit virus corona atau coronavirus (Covid-19) disebutkan memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa. Begini cara bedakan covid-19 dengan flu

Editor: Muhammad Hadi
(shutterstock/kompas.com)
Cara membedakan virus corona atau coronavirus (covid-19) dengan flu 

SERAMBINEWS.COM - Penyakit virus corona atau coronavirus (Covid-19) disebutkan memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa.

Hal ini menimbulkan kebingungan tersendiri bagi orang-orang untuk menentukan apakah dirinya mengalami flu, atau tengah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara membedakan antara flu biasa dan Covid-19?

Mengutip dari ABC News, (24/9/2020), penyakit Covid-19 maupun flu tidak mungkin bisa dibedakan tanpa menjalani tes terlebih dahulu.

Hal ini mengingat keduanya memiliki gejala serupa, sehingga hanya dengan tes yang benar-benar bisa membedakannya.

Kedua penyakit ini sama-sama memiliki gejala demam, batuk, sesak napas, kelelahan, dan sakit kepala.

Meski demikian, satu-satunya perbedaan gejala yang mungkin adalah jika seseorang terkena flu, ia akan mengalami sangat mual hanya saat minggu pertama sakit.

Akan tetapi, bagi mereka yang terinfeksi Covid-19, maka dimungkinkan akan merasa sangat buruk saat memasuki minggu kedua, ketiga, dan mungkin akan sakit dalam waktu yang lama.

Heboh Potensi Tsunami 20 Meter Hasil Peneliti ITB, Begini Tanggapan dan Arahan BMKG

Perbedaan yang lain adalah Covid-19 lebih mungkin menyebabkan hilangnya rasa atau bau dibandingkan mereka yang terkena flu.

Sayangnya, tak semua orang mengalami gejala hilangnya rasa dan bau ini, sehingga ini bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk membedakan virus.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved