Breaking News:

Remaja Masjid Peusangan Donor Darah    

Pengurus Remaja Masjid Besar Peusangan, Bireuen berhasil mengumpulkan 42 kantong darah. Ini diperoleh dalam kegiatan donor darah kerjasama dengan

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Petugas UTD RSUD Bireuen, Sabtu (03/10/2020) sedang melakukan donor darah di halaman masjid Besar Peusangan Bireuen. 

BIREUEN - Pengurus Remaja Masjid Besar Peusangan, Bireuen berhasil mengumpulkan 42 kantong darah. Ini diperoleh dalam kegiatan donor darah kerjasama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen di halaman masjid setempat, Sabtu (3/10/2020).

Ketua Umum Remaja Masjid Peusangan, Fahmi Fahri kepada Serambi,  mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan merupakan kegiatan rutin dan sudah empat kali dilakukan bersama UTD Bireuen. “Selain itu, donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para remaja masjid,” ujar Fahmi.

Para pendonor darah, katanya, selain pengurus remaja masjid juga masyarakat umum. Aksi sosial ini diadakan karena pihaknya memperoleh informasi persediaan darah di UTD Bireuen semakin menipis. Padahal, kebutuhan yang setiap hari mencapai puluhan kantong darah bagi pasien yang membutuhkan.

Selain persediaan minim, kegiatan donor darah selama pandemi Covid-19 juga kurang. “Kami berusaha membantu melakukan donor darah agar terbantu pasien yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, mereka berhasil memperoleh 42 kantong darah yang disumbangkan ke UTD RSUD Bireuen. Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM MKM mengatakan, stok darah di tempat penyimpanan darah semakin menipis terutama sekali golongan darah A.

Sedangkan golongan darah O, B dan AB masih ada, namun jumlahnya terbatas. “UTD sangat berharap partisipasi lembaga-lembaga sosial dan pemerintah untuk melakukan donor darah,” ujarnya.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved