Breaking News:

Update Corona di Aceh Timur

Alhamdulillah, Banyak Pasien Positif Covid-19 Sembuh, Aceh Timur Satu-satunya Daerah Zona Kuning

Sedangkan mayoritas kabupaten/kota lainnya di Aceh berstatus risiko sedang atau zona orange, kecuali Pidie Jaya yang masih risiko tinggi (zona merah).

Penulis: Seni Hendri | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Jubir Satuan Tugas Covid-19 Aceh Timur, Edi Gunawan 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Berdasarkan pemutakhiran data kasus Covid-19 di website covid19.go.id, sejak 11 Oktober 2020, Kabupaten Aceh Timur tercatat satu-satunya daerah di Aceh yang masuk kategori risiko rendah atau zona kuning.

Sedangkan mayoritas kabupaten/kota lainnya di Aceh berstatus risiko sedang atau zona orange, kecuali Pidie Jaya yang masih risiko tinggi (zona merah). Hal ini disampaikan dr Edi Gunawan selaku Jubir Satgas Covid-19 Aceh Timur, Minggu (18/10/2020).

"Perhitungan peta zonasi risiko ini secara nasional dilakukan dengan mengukur indikator-indikator pelayanan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan," kata dr Edi.

Indikator tersebut, jelas dr Edi, yaitu sisi epidemiologi (penurunan jumlah kasus), surveilans kesehatan masyarakat (jumlah pemeriksaan sampel), dan pelayanan kesehatan (tingkat jumlah tempat tidur rumah sakit rujukan).

"Walaupun kita di zona kuning, namun tindakan pencegahan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 tetap wajib dilaksanakan karena virus corona tersebut saat ini sudah merata di seluruh Indonesia, khususnya di Aceh," tukas dr Edi yang juga Direktur RSUZM Idi.

Baca juga: Tersangka SB Dikubur di TPU yang Sama dengan Makam Almarhum Pahlawan Kecil Rangga, di Birem Bayeun

Baca juga: Kapal Pengangkut Tiang Pancang dari China Kembali Masuk ke Aceh Jaya

Baca juga: Rampungkan Adminduk Usia Pelajar, Disdukcapil Tamiang Terus Berdayakan PRK

Dokter yang juga Ketua Tim Ahli Satgas Covid-19 Aceh Timur ini menerangkan, hingga Minggu (18/10/2020) hari ini, kasus positif Covid-19 di Aceh Timur sudah mencapai 77 kasus.

Rinciannya, beber dia, 57 orang dinyatakan sembuh, 4 meninggal dunia, dan 16 orang lainnya masih terpapar.

Dari 16 orang tersebut, 9 orang isolasi mandiri di rumah, 4 orang dirawat di RS Zubir Mahmud Aceh Timur, dan 3 orang sedang menjalani perawatan di RSU Zainal Abidin Banda Aceh.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved