Breaking News:

Lifestyle

11 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak Anda, Jangan Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Berikut ini beberapa tips bagaimana orang tua dapat membangun rasa percaya diri anak agar anak dapat menghadapi tantangan yang dihadapinya.

Education Degree
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Percaya diri adalah bagian penting dari perkembangan anak yang sehat.

Percaya diri akan membantu anak-anak mengatasi kesalahan, mencoba lagi bahkan ketika mereka gagal untuk pertama kalinya, yang membuat mereka mengenali dan menghargai kemampuan dan kekuatan mereka sendiri.

Percaya diri membantu anak-anak untuk menghadapi kemunduran, tekanan teman sebaya dan tantangan lain yang mereka hadapi dalam hidup.

Anak-anak dengan rasa percaya diri yang sehat merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan anak yang kurang percaya diri merasa tidak yakin dengan dirinya sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki harga diri rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan dan depresi.

Ketika anak-anak percaya diri, mereka bangga dengan apa yang mereka lakukan, mereka merasa positif dan percaya diri.

Baca juga: Masih Peringati Hari Anak Perempuan Sedunia, Ini 8 Kata yang Wajib Orang Tua Katakan untuk Si Putri

Setiap anak berbeda dan sementara beberapa anak membangun kepercayaan diri dengan mudah beberapa membutuhkan sedikit bantuan dari orang tua mereka untuk membangun kepercayaan dirinya.

Melansir dari Boldsky, berikut ini beberapa tips bagaimana orang tua dapat membangun rasa percaya diri anak agar anak dapat menghadapi tantangan yang dihadapinya.

1. Bicaralah secara positif

Kegagalan dapat menimbulkan perasaan negatif yang dapat menyebabkan seorang anak meragukan harga dirinya dan hal ini dapat menurunkan kepercayaan dirinya.

Halaman
1234
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved