Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Dinas Kesehatan Aceh Selatan Canangkan Bulan Eliminasi Kaki Gajah Tahun 2020

Di Kabupaten Aceh Selatan terdapat 40 kasus kaki gajah, dan terbanyak ada di daerah Trumon dan Bukit Gading.

Foto Humas Pemkab Aceh Selatan
Dinas Kesehatan Aceh Selatan mencanangkan bulan eliminasi kaki gajah Aceh Selatan tahun 2020. Acara yang berlangsung di halaman Kantor Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, dibuka oleh Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM mewakili Bupati Aceh Selatan, Senin (26/10/2020) 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN – Dinas Kesehatan Aceh Selatan mencanangkan bulan eliminasi kaki gajah Aceh Selatan tahun 2020. Acara yang berlangsung di halaman Kantor Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, dibuka oleh Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM mewakili Bupati Aceh Selatan, Senin (26/10/2020).

Turut hadir unsur Forkopimda, Kepala SKPK ,  para Camat serta kepala Puskesmas se Kabupaten Aceh Selatan.

Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, Novi Rosmita SE M.Kes dalam laporannya mengatakan bahwa, tahun ini adalah tahun terakhir di mana sudah tahun kelima kita minum obat kaki gajah.

Diharapkan nantinya tidak ada lagi pertambahan kasus baru dan kita dapat fokus mengobati dan membantu mengatasi kasus yang ada saat ini,  yaitu ada 40 kasus di mana yang terbanyak itu ada di daerah Trumon dan juga Bukit Gading.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM mengatakan, persoalan kasus kaki gajah yang sudah terdampak bening bisa sembuh seperti  biasa. 

Sekda berharap Puskesmas di kecamatan yang lain tidak ada kasus ini dan perlu antisipasi.

“Jangan kita merasa tidak ada persoalan sama sekali tapi yang perlu kita tingkatkan  dan perlu tindakan preventif. Masyarakat yang sudah terjangkit penyakit ini kita lakukan perawatan atau pengobatan sehingga mereka bisa sembuh kembali seperti biasa sesuai dengan visi misi Kementerian Kesehatan tahun 2020 Indonesia sehat Indonesia sehat 2020,” papar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa kerjasama yang baik lintas sektor harus di tingkatkan dengan melakukan  edukasi kepada masyarakat tentang penyakit kaki gajah sesuai dengan harapan bersama. “Dalam kondisi  sekarang hampir setahun kita mengalami pandemi covid 19, ini bukan tidak mungkin akan ada penyakit-penyakit lain yang perlu kita antisipasi,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berharap  kepada jajaran Dinas Kesehatan yang ada di kecamatan - kecamatan melalui  Kepala Puskesmas dengan semua jajaran supaya benar-benar melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diharapkan terwujudnya Indonesia  sehat secara umum dan Aceh Selatan benar-benar terwujudkan.

“Semoga masyarakat kita terhindar dari penyakit kaki gajah dan juga penyakit-penyakit lainnya . Melalui agenda acara ini  kita berharap pencanangan eliminasi kaki gajah ini akan bisa mewujudkan Indonesia sehat, “pungkas Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran.(HAS)

Baca juga: Harga Emas Turun, Ini Pemicunya, Cek Daftar Lengkap Harga Emas Hari Ini

Baca juga: FOTO - Pertandingan Arsenal Vs Leicester City, Lanjutan Pekan Keenam Premier League

Baca juga: Antoine Griezman Diterpa Krisis Kepercayaan Diri di Barcelona

Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved