Breaking News:

Mahasiswa KKN

Mahasiswa KKN Unimal Peringati Sumpah Pemuda dengan Tanam Mangrove di Besitang

Ketua kelompok KKN-BK, Dimas Putra mengatakan memeriahkan hari Sumpah Pemuda, para mahasiswa ikut serta memeriahkan dengan menggelar perlombaan.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Semangat mahasiswa KKN-BK 105 menanam mangrove di lahan kritis di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Kamis (29/10/2020). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) Universitas Malikussaleh memeriahkan hari Sumpah Pemuda dengan melaksanakan perlombaan permainan tradisional dan penanaman mangrove di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Kamis (29/10/2020).

Mahasiswa KKN-BK Kelompok 015 beranggotakan lima orang yaitu Dimas Putra (Antropologi), Mart Rasyid Muhammad (Sosiologi), Anisa Aulia (Teknik Kimia), Syahmita Suwandira (Akuakultur) dan Nabasa Simatupang (Ilmu Hukum).

Ketua kelompok KKN-BK, Dimas Putra mengatakan memeriahkan hari Sumpah Pemuda, para mahasiswa ikut serta memeriahkan dengan menggelar perlombaan.

Menurut Dimas perlombaan permainan tradisional kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan tersebut dalam hal mengurangi dampak game online bagi generasi muda.

Permainan yang dimainkan adalah engrang dari batok kelapa, memasukkan paku ke dalam botol dan engklek.

“Jadi untuk Pemuda selain mengenalkan hal-hal yang baru, tetapi juga melestarikan dan menjaga budaya kita sendiri,” kata Dimas kepada Serambinews.com, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Akpol Bakti Sosial Ke Panti Asuhan

Baca juga: Kapal Asal China di Pelabuhan Calang Terkendala Bongkar Material Tiang Pancang, Ini Kata Syahbandar

Baca juga: VIDEO Terekam CCTV Aksi Diduga Sindikat Perdagangan Manusia Bawa Kabur Dua Wanita Rohingya

Kegiatan lain untuk memeriahkan Sumpah Pemuda adalah penanaman mangrove. Masalah utama daerah pesisir adalah erosi baik itu karena penebangan liar atau kegiatan industri.

Gerakan penanaman bakau ini dalam rangka partisipasi mahasiswa menjaga lingkungan serta membangun Kepedulian dan kesadaran yang masyarakat baik muda ataupun tua untuk perduli pada alam.

Menurut anggota KKN BK 015, Anisa Aulia, kerusakan sungai yang kian parah dan mulai punahnya hewan laut seperti kepiting disebabkan hilangnya tanaman bakau sebagai rumah biota laut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved