Breaking News:

Berita Aceh Besar

Hari Ini, Pelantikan PAW KIP Aceh Besar, Ini Harapan Ketua Komisi I DPRK

Selain itu, lanjut politisi Partai Gerindra ini, anggota KIP harus mengedepankan kepentingan proses pilkada yang jujur dan adil.

For Serambinews.com
Ketua Komisi I DPRK Aceh Besar, Nabhani. 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar dijadwalkan dilakukan di Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (3/11/2020) hari ini. Pelantikan ini langsung dilakukan oleh Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali.

"Kita di Komisi I DPRK berharap  dalam bekerja ke depan harus dengan netralitas yang tinggi,"ujar Ketua Komisi I DPRK Aceh Besar, Nabhani alias Pak Ben kepada Serambinews.com, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, lanjut politisi Partai Gerindra ini, anggota KIP harus mengedepankan kepentingan proses pilkada yang jujur dan adil.

Menurut Nabhani, sebulan yang lalu, Komisi I DPRK Aceh Besar telah menyelesaikan evaluasi administrasi PAW anggota KIP Aceh Besar, M Nasir Ali SAg, untuk diplenokan dan diusulkan ke Jakarta oleh Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali SPd MSi.

Komisi I DPRK Aceh Besar juga telah konsultasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mendapatkan kepastian aturan hukum PAW anggota KIP Aceh Besar tersebut.

Baca juga: SIARAN LANGSUNG - Melihat Persiapan DPRA Jelang Pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh

Baca juga: Sebagian Aceh Diguyur Hujan Hingga Tiga Hari ke Depan, Ini Data BMKG  

Baca juga: Lagi Dibuka! Ingin Lancar Upload Saat Daftar Prakerja Gelombang 11, Begini Cara Unggah Foto KTP

"Kita juga berterima kepada anggota Komisi I DPRK Aceh Besar yang telah bekerja keras selama tiga bulan untuk mensukseskan proses administrasi sehingga terlaksananya PAW anggota KIP Aceh Besar," Ujar Nabhani alias Pak Ben.

Sementara itu, Sekretaris KIP Aceh Besar, Fahmi SIP MIPol mengatakan, sehubungan dengan ditetapnya keputusan Komisi Pemilihan Umum RI tentang pengangkatan pengganti antar waktu anggota Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Besar periode 2018-2023.

Maka M Nasir Ali dilantik sebagai anggota KIP Aceh Besar menggantikan Cut Agus Fathillah MH.

Pelantikan oleh Bupati Mawardi Ali itu, jelasnya, merujuk UUPA sebagai salah satu kekhususan yang dimiliki oleh penyelenggara pemilu di Aceh, baik nama, prosedur pengisian anggota, dan jumlah keanggotaan.

Pasal 56 ayat (5) UUPA menyebutkan, bahwa anggota KIP kabupaten/kota diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) ditetapkan oleh KPU dan diresmikan oleh bupati/wali kota.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved