Breaking News:

Lembaga Keuangan Syariah

Gubernur Aceh Launching Action, Aplikasi Mobile Banking dari Bank Aceh Syariah

Aplikasi mobile banking ini akan memberi kemudahan bertransaksi bagi nasabah melalui smartphone masing-masing.

Penulis: Mawaddatul Husna | Editor: Taufik Hidayat
Foto Bank Aceh Syariah
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (kedua dari kiri) didampingi Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, Kepala OJK Aceh, dan Kepala BI Aceh melaunching Action, mobile banking dari Bank Aceh Syariah, di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Selasa (10/11/2020). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah resmi melaunching Action (Aceh Transaksi Online) yaitu mobile banking terbaru dari Bank Aceh Syariah guna memberikan kemudahan bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Appstore maupun Playstore ini dilengkapi fitur transaksi yang ringkas dan nyaman sehingga tepat bagi yang memiliki mobilitas tinggi.

Peluncurkan dilakukan di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (10/11/2020). Turut juga dihadiri Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Kepala Bank Indonesia (BI) Aceh, serta dewan komisaris, direksi dan karyawan Bank Aceh Syariah.

Dalam sambutannya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan melalui aplikasi ini, nasabah dapat memanfaatkan jasa perbankan secara mudah dan tidak dibatasi oleh waktu maupun tempat. Layanan ini dapat diakses melalui smartphone berbasis sistem android maupun IOS.

“Jadi nasabah tidak perlu datang ke bank, cukup bertransaksi melalui smartphone masing-masing. Dengan demikian dapat menghemat banyak waktu dan tenaga,” katanya.

Dikatakan, aplikasi mobile banking adalah produk yang sudah lama dinantikan oleh nasabah dari PT Bank Aceh Syariah, sebagai bentuk inovasi untuk menjawab salah satu kebutuhan layanan perbankan di Aceh.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran PT Bank Aceh Syariah atas Langkah maju ini. Semoga aplikasi mobile banking tersebut makin memberikan kemudahan bertransaksi bagi nasabah. Yang terpenting adalah memastikan sistem keamanan aplikasi benar-benar membuat nasabah nyaman dan terlindungi saat bertransaksi,” sebutnya.

Sementara Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman menyampaikan peluncuran layanan digital banking merupakan bagian dari komitmen pihaknya untuk memberikan layanan digital banking, sehingga memudahkan nasabah dalam menikmati fasilitas layanan Bank Aceh dimanapun berada.

Dikatakan, pengembangan mobile banking Bank Aceh sudah melalui beberapa tahapan mulai dari pengembangan sistem yang dibangun hingga sampai kepada peluncuran aplikasi yang bekerja sama dengan beberapa mitra kerja.

“Sebelum dilakukan grand launching, kami juga sudah melakukan ujicoba-ujicoba untuk menguji sejauhmana ketahanan dan kehandalan sistem mobile banking Bank Aceh. Alhamdulillah ujicoba yang dilakukan berjalan baik walaupun masih terdapat beberapa perbaikan yang tidak terlalu signifikan dan dapat diatasi oleh tim,” sebut Haizir.

Ia menyebutkan hingga saat ini pengguna Action yang sudah didownload pada Playstore sebanyak 12.137 download, Appstore 2.040 download.

Sementara pengguna Action di Android 5.901 pengguna, dan di IOS sebanyak 1.388 pengguna. Total transaksi harian tertinggi mencapai Rp 4.030.397.194.

Sejumlah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Action adalah informasi jumlah saldo dan 5 transaksi rekening terakhir, transfer dana antar Bank Aceh, transfer antar Bank secara real time, menambahkan seluruh rekening tabungan dalam satu aplikasi.

Disamping itu terdapat juga fitur pembayaran seperti Universitas, Samsat Aceh, eSetor Pemkot Banda Aceh, termasuk juga pembayaran zakat dan infak, mendukung fitur biometric yang memberikan akses lebih aman dan nyaman, quick transfer melalui QR Code.

Fitur lainnya seperti simpan favorit pembayaran/transfer, unduh resi transaksi, penggantian password dan MPIN, setting rekening sumber dana yang digunakan, serta terdapat juga layanan islami berupa jadwal shalat dan arah kiblat.

Action Mobile Banking sangat aman karena sudah dilengkapi username dan password, teknologi biometric (fingerprint/touch ID, iris scanner, dan face recognition/face ID), dan setiap transaksi finansial dilengkapi verifikasi MPIN (Mobile Personal Identification Number).(*)

Baca juga: Ini Pemenang Lomba Karya Ilmiah Nasional UKM Creative Minority Unimal

Baca juga: Museum Kota Lhokseumawe akan Segera Kembali Dibuka, Ini Syarat bagi Pengunjung 

Baca juga: Polres Nagan Raya Terus Buru Seorang Lagi Perampok Toke Sawit, Identitasnya Sudah Terungkap

Baca juga: Polda Aceh Bongkar Kasus Perdagangan Satwa Liar Senilai Rp 6,3 Miliar, Satu Pelaku Jadi Tersangka

Baca juga: Alpala Aceh Sorot Rencana Pemberlakukan Tarif Tol Aceh, Minta Kebijakan Itu Ditunda, Ini Alasannya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved