Breaking News:

Hari Ini, 10 Peserta Aceh Tampil

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (14/11/2020) tadi malam, membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-28

Editor: bakri
SERAMBI/NASIR NURDIN
Masyarakat memadati tribun Stadion Utama Sikabu, Padang Pariaman, Sumatera Barat, untuk menyaksikan pembukaan MTQN Ke-28 oleh Presiden Jokowi secara virtual, Sabtu (14/11/2020) tadi malam. 

* Presiden Buka MTQN Ke-28 Secara Virtual

PADANG PARIAMAN - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (14/11/2020) tadi malam, membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-28 yang dipusatkan di Main Stadium Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Presiden membuka event multicabang dua tahunan tersebut secara virtual.

Tepat pukul 21.00 WIB tadi malam, Presiden Jokowi tampil di layar monitor raksasa yang berhadapan langsung dengan tribun stadion. Dalam arahan yang tidak sampai 10 menit, Presiden Jokowi antara lain berharap agar melalui MTQN ini bisa memunculkan kader-kader atau generasi yang berkarakter islami.

Menurut Presiden, Alquran merupakan pedoman hidup dan petunjuk yang aktual sepanjang masa. “Dengan Alquran kita meningkatkan ketakwaan dan menebar kasih sayang,” ujar Presiden Jokowi.

Terkait pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk Indonesia, Presiden meyakini dengan usaha dan kerja keras semua pihak, Indonesia akan segera keluar dari musibah ini. Setelah arahan Presiden Jokowi, rangkaian acara pembukaan itu dilanjutkan dengan pengibaran bendera MTQ, serta mars dan hymne MTQ oleh purnapaskibra Provinsi Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan MTQN Ke-28 dirancang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar acara itu tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19. “Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah ke Sumatera Barat. Jangan pulang sebelum menghabiskan semua uang di Sumatera Barat,” ujar Irwan yang disambut tepuk riuh dari pengunjung yang memadati Main Stadium Sikabu yang belum seluruhnya rampung.

Menurut Gubernur Irwan Prayitno, Provinsi Sumbar pernah sukses menjadi tuan rumah MTQN Ke-13 pada tahun 1983 lalu. “Kini, setelah 37 tahun, Sumbar kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Insya Allah sukses serupa kembali terulang,” katanya.

Diikuti 1.476 peserta

MTQN kali ini diikuti 1.476 peserta yang akan berlomba pada delapan cabang. Mereka berasal dari  32 provinsi. Sedangkan dua provinsi lain yaitu DI Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT), absen.

Data yang diterima Serambi, jumlah peserta yang masing-masing provinsi yaitu Aceh 54 orang (cadangan 6 orang), Sumatera Utara 53 orang, Sumatera Barat 54 orang, Riau 54 orang, Kepulauan Riau 54 orang, dan Jambi 51 orang. Berikutnya, Bengkulu 35 orang, Sumatera Selatan 29 orang, Kepulauan Bangka Belitung 47 orang, Lampung 27 orang, Banten 54 orang, dan DKI Jakarta 53 orang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved