Breaking News:

Forum PRB jadi Kekuatan Besar BPBA

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh terus berupaya

SERAMBI FM/ILHAM
Kepala Pelaksana BPBA, Ir Sunawardi MSi (tengah) dan Sekretaris Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, M Hasan Dibangka, MSi, mengisi program talkshow interaktif di Radio Serambi FM mengangkat tema 'Sinergitas BPBA dan Forum PRB dalam Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Bencana', Rabu (18/11/2020). 

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan edukasi masyarakat. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan di masyarakat bila sewaktu-waktu bencana itu datang.

Demikian diungkapkan Kepala Pelaksana BPBA, Ir Sunawardi MSi, yang menjadi nara sumber pada dialog interaktif di Radio Serambi FM, Rabu (18/11/2020). Dialog yang mengangkat tema 'Sinergitas BPBA dan Forum PRB dalam Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Bencana' itu ikut menghadirkan Sekretaris F-PRB, M Hasan Dibangka MSi.

Dalam acara yang dipandu oleh Eka Nataya dan disiarkan secara langsung di Facebook Serambi FM itu, Sunawardi mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan selama ini. Di samping drill pengurangan risiko bencana, edukasi juga disebarkan melalui berbagai brosur, poster, dan baliho. “Forum PRB yang menjadi 'kekuatan' besar bagi BPBA,” imbuhnya.

Sunawardi melanjutkan, di Forum PRB terdapat orang-orang yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya, baik dari lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. “Mulai PLN, Telkom, jurnalis, sampai PMI dan Pramuka serta puluhan lembaga lainnya tergabung di Forum PRB,” sebut Kepala Pelaksana BPBA ini.

“Hampir semua kegiatan yang dilakukan BPBA selama ini juga kami libatkan Forum PRB. Karena para ahlinya ada di sana dan sudah sangat berpengalaman. Kita di Aceh bersyukur punya Forum PRB," ujar Sunawardi.

Ia menerangkan, Aceh merupakan daerah rawan bencana dan berpotensi terjadi setiap saat. Karena itu diharapkan ketangguhan masyarakat dalam mengurangi risiko bencana semakin besar.

"Untuk menciptakan ketangguhan itu perlu kepedulian bersama, seperti sebuah semboyan kita lihat selama ini, 'Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita'. Lalu semboyan lain 'Lingkungan itu bukan Warisan Leluhur Kita, Tapi Titipan Anak Cucu, Sehingga Menjaganya Tetap Lestari'," terangnya.

Kepada rekan-rekan BPBD kabupaten/kota, Sunawardi juga mengimbau bahwa Forum PRB itu bukan lawan, melainkan mitra yang memiliki pendangan sama, yakni peduli terhadap bencana. "Dengan bersinergi, maka kita akan semkin kuat,"pungkasnya.

Sementara Sekretaris F-PRB Aceh, M Hasan menerangkan, Forum PRB terbentuk 2010 lalu yang diinisiasi oleh BPBA dan menjadi mitra untuk membantu dan memperkuat BPBA dalam penanggulangan bencana. Di dalam Forum PRB saat ini sudah tergabung 78 lembaga, para pakar, akademi, serta dari segala elemen masyarakat.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved