Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Pertandingkan Tiga Cabang, MTQ Aceh Tamiang Digelar di Lima Pesantren

MTQ Kabupaten Aceh Tamiang ini akan dilakukan secara daring dan melibatkan lima pesantren, pada 23-25 November 2020.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Bupati Mursil saat bersama jamaah pengajian di sebuah masjid di Kampung Dalam, beberapa waktu lalu. Dia berharap pemuda lebih berpikir produktif agar bisa sama-sama membangun daerah. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Aceh Tamiang disepakati dilakukan secara daring dan melibatkan lima pesantren, 23-25 November 2020.

Kesepakatan ini diperoleh melalui rapat pelaksanaan di Dinas Syariat Islam Aceh Tamiang yang diikuti sejumlah pihak, termasuk perwakilan lima pesantren yang gedungnya dijadikan tempat pelaksanaan MTQ.

Kadis Syariat Islam Aceh Tamiang, Syamsul Rizal mengatakan kelima pesantren ini ialah Sabilul Ulum, Misbahur Rasyad Al Aziziyah, Tahfizul Quran, As Syuhada dan Manarul Islam. Pemilihan lima pesantren ini atas pertimbangan untuk menampung perwakilan masing-masing kecamatan di Aceh Tamiang.

“Lima pesantren ini tersebar di lima kecamatan. Harapannya agar peserta dari setiap daerah bisa ikut,” kata Rizal, Kamis (19/11/2020).

Disepakati masing-masing wilayah mengirim kafilah lima orang untuk mengikuti tiga cabang, yakni dua orang cabang tilawatil quran dan hifzil quran lima juz dan satu orang cabang muhadharah (pidato).

Pelaksanaan MTQ di masa pandemi ini mengharuskan Dinas Syariat Islam bekerja sama dengan Diskominfosan karena seluru tahapan pelaksanaannya dilakukan secara daring (dalam jaringan). 

“Bakat anak-anak di bidang agama harus terus didukung walau di masa pandemi Covid-19, makanya untuk mematuhi protokol kesehatan, kegiatan tahun ini dilakukan secara daring,” jelas Rizal.

Kolaborasi dua SKPK ini diapresiasi Bupati Aceh Tamiang Mursil. Bahkan dia juga memuji peran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang terlibat langsung dalam penyelenggaran even keagamaan ini.

“KNPI memang harus menjadi motor penggerak anak-anak muda untuk lebih berprilaku positif. Hari ini, langkah mereka mendukung MTQ harus diberi apresiasi,” kata Mursil.

Dia pun berharap peran KNPI terus dilanjutkan agar sumber daya pemuda bisa terus dikembangkan dan memiliki penyaluran positif. 

“Hari ini ancaman narkoba begitu bahaya, KNPI harus bisa merubah mindset anak muda Tamiang lebih produktif dan lebih islami,” harap Mursil.(*)

Baca juga: 11.222 Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah Ikut Asesmen Kompetensi, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Aceh

Baca juga: Unik, Anak Ini Menempel Plester Luka ke Tempat Tidur Setelah Terjatuh, Ditonton Netizen 5 Juta Kali

Baca juga: VIDEO Taman Buah Naga, Objek Wisata Baru di Muara Satu Kota Lhokseumawe

Baca juga: Vladimir Putin Sebut Presiden Brasil Jantan, Netizen Banjiri Dengan Lelucon

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved