Breaking News:

SDN 37 Lakukan Penghijauan dengan Sayuran Hidroponik

Suasana hijau nan asri terpampang jelas saat memasuki Kompleks SD Negeri 37 Banda Aceh

FOTO SDN 37 BANDA ACEH
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, memanen sayuran hidroponik di SD Negeri 37 Banda Aceh, Kamis (19/11/2020). 

BANDA ACEH - Suasana hijau nan asri terpampang jelas saat memasuki Kompleks SD Negeri 37 Banda Aceh. Betapa tidak, sekolah yang terletak di Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru itu, kini menggiatkan penghijauan sebagai realisasi terhadap visi misi sekolah tersebut.

Penghijauan yang dilakukan berupa tanaman sayur-sayuran secara hidroponik. Bahkan, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sempat ikut memanen sayuran hidroponik saat membuka kegiatan program Tagana Masuk Sekolah (TSM) di sekolah tersebut, Kamis (19/11/2020).

Wali Kota memuji upaya penghijauan yang dilakukan pihak sekolah lewat tanaman sayur hidroponik. Selain menghadirkan suasana hijau, sayuran tersebut juga bermanfaat bagi warga sekolah tersebut. “Penghijauan dengan sayuran hidroponik seperti ini sangat menyejukan pandangan. Kegiatan seperti ini harus berkesinambungan agar sekolah tetap bersih dan menjadi pembelajaran bagi para murid,” ujar Aminullah.

Pada kesempatan itu Wali Kota juga minta pihak sekolah dan seluruh lembaga pendidikan di Banda Aceh untuk melakukan kegiatan penghijauan. Kegiatan penghijauan dimaksud adalah dengan menanam minimal sepuluh pohon setiap sekolah, agar sekolah menjadi asri dan indah.

Sementara itu Kepala SDN 37 Banda Aceh, T Muthalla menjelaskan, motivasi yang disampaikan Wali Kota Banda Aceh menjadi penyemangat mereka untuk menciptakan sekolah yang asri dan indah, yaitu lewat penghijauan.

“Sekolah hijau juga merupakan visi misi SD Negeri 37 Banda Aceh. Alhamdulillah, secara perlahan visi misi itu terus kami wujudkan,” tutur Cekgu, sapaan akrab T Muthalla.

Dikatakan, meski lahan penghijauan yang mereka miliki hanya berukuran 3x8 meter, namun sudah mengundang banyak sekolah untuk mencontoh apa yang sudah mereka lakukan. “Selama ini banyak sekolah-sekolah lain yang datang untuk melihat dari dekat sistem penghijauan yang kami lakukan. Mereka umumnya sangat kagum dengan apa yang sudah kami lakukan,” tutur Cekgu.

Di lahan seluas itu, tambah Cekgu, selain ditanami jagung, juga sejumlah sayuran yang dikembangkan secara hidroponik, diantaranya bayam, sawi pakcoy, kangkung, dan samhong king. “Insya Allah ke depan, akan kami tambah jumlah sayuran yang ditanam,” pungkas Kepala SDN 37 Banda Aceh itu.(aji)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved