Breaking News:

Penghormatan untuk Diego Maradona, Argentina Berkabung Tiga Hari dan Tangguhkan Semua Acara Publik

Jenazahnya akan dikebumikan di Casa Rosada, berdampingan dengan tujuh mantan presiden Argentina

Editor: bakri
AFP/KANTOR PERS DIEGO MARADONA
Legenda sepak bola Argentina Diego Maradona (kanan) berjabat tangan dengan dokternya Leopoldo Luque di Olivos, provinsi Buenos Aires, Argentina, Rabu (11/11/2020). 

Maradona akan dimakamkan secara kenegaraan di Istana Presiden Argentina. Jenazahnya akan dikebumikan di Casa Rosada, berdampingan dengan tujuh mantan presiden Argentina. Upacara pemakaman Maradona dimulai pada Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Acara pemakaman yang merupakan perpisahan terakhir dengan legenda sepak bola dunia itu digelar di Casa Rosada, tempat eksklusif di istana kepresidenan Argentina.

Sebagai penghormatan kepada Diego Maradona, Argentina menjadikan hari berkabung nasional selama tiga hari. Maradona meninggal pada usia 60 setelah mengalami serangan jantung pada Rabu (25/11/2020) waktu setempat. Puluhan orang mengelu-elukan "Ole, ole, ole, Diego, Diego!" Mereka berkerumun di pinggir jalan. Pada saat konvoi puluhan motor polisi mengawal jenazah Maradona sebelum dimakamkan. 

Maradona akan dimakamkan secara kenegaraan di Istana Presiden Argentina. Jenazahnya akan dikebumikan di Casa Rosada, berdampingan dengan tujuh mantan presiden Argentina. Upacara pemakaman Maradona dimulai pada Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Acara pemakaman yang merupakan perpisahan terakhir dengan legenda sepak bola dunia itu digelar di Casa Rosada, tempat eksklusif di istana kepresidenan Argentina.

Sejak kemarin, beberapa pekerja sibuk menyiapkan lokasi acara pemakaman. Menurut laporan media lokal, sumber resmi mengkonfirmasi bahwa bangunan yang akan dipakai di antaranya aula masuk Balcarce 50.

Presiden Argentina, Alberto Fernandez, sempat menghubungi keluarga Maradona dan menawarkan agar sang legenda sepak bola itu dimakamkan di Istana Negara. Keluarga Maradona menerimanya. Perpisahan akan dimulai di ruangan yang paling dekat dengan pintu masuk istana. Upacara itu juga akan terbuka untuk umum, meski pembatasan resmi akan diberlakukan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Pemerintah Argentina sudah menetapkan tiga hari berkabung nasional atas kematian legenda sepak bola tersebut. Karena dalam situasi sedang berkabung itu, Presiden Alberto Fernandez sudah menangguhkan semua acara publik dalam agendannya hingga Jumat.

Presiden dalam sebuah pernyataan singkatnya mengatalan, dirinya sangat sedih atas kematian Maradona. “Saya sedang bekerja dengan (Santiago) Cafiero (kepala kabinet) ketika mereka memberi tahu saya. Saya tidak percaya itu. Saya berduka. Itu adalah berita terburuk yang diterima penggemar Argentina. Kami mencintainya. Saya coba untuk berbicara dengan keluarganya. Kita lihat saja nanti. Ada banyak kesedihan,” kata Presiden.

Keputusan presiden yang mengumumkan periode berkabung resmi akan dipublikasikan di Buletin Resmi Negara, diikuti oleh penghormatan di seluruh negeri kepada pesepak bola terhebat sepanjang masa. Government House, Casa Rosada, di sebelah Plaza de Mayo yang ikonik sudah disediakan untuk keluarga Maradona. Mereka Menyiapkan pemakaman secara kenegaraan.

Tujuh mantan presiden Argentina sudah dimakamkan secara kenegaraan di Casa Rosada. Mereka adalah Bartolome Mitre pada tahun 1906, Manuel Quintana, Carlos Pellegrini, Roque Saenz Pena, Julio Argentino Roca, Marcelo Torcuato de Alvear, dan yang terbaru Nestor Kirchner pada tahun 2010. Selain itu, juara dunia Formula 1 lima kali, Juan Manuel Fangio. juga diberikan penghormatan dan pemakaman kenegaraan serupa pada 17 Juli 1995.

Peti mati untuk Maradona sudah tiba di istana kepresidenan di Buenos Aires. Ratusan orang sudah mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Maradona yang meninggal saat pemulihan dari operasi otak. Maradona dianggap sebagai seorang pahlawan olahraga. Berita kematian Maradona seperti pukulan telak bagi sebuah negara yang sedang mengalami krisis ekonomi dan pandemi virus Corona. Tapi, sepak bola hadir dan dipandang sebagai obat mujarab bagi semua penyakit.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved