Breaking News:

Berita Kutaraja

PKS Kembali Adakan Lomba Baca Kitab Kuning, Total Hadiah Capai Rp 60 Juta, Juara I Dapat Sebesar Ini

“Usia peserta mulai 17 tahun hingga 25 tahun dan memiliki rekomendasi dari masing-masing dayah dalam Provinsi Aceh,” jelasnya.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Sekretaris Panitia Lomba Baca Kitab Kuning, Tgk H Mahyaruddin Yusuf. 

Laporan Asnawi Luwi | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW- PKS) Aceh kembali akan mengadakan lomba membaca kitab kuning (Qiroatul Kutub) Ke IV tingkat Provinsi Aceh di Hotel Kyriad pada Sabtu (5/11/2020) ini. Kegiatan itu berhadiah total Rp 60 Juta.

Sekretaris Panitia, Tgk H Mahyaruddin Yusuf kepada Serambinews.com, Rabu (2/11/2020), mengatakan, lomba baca kitab kuning IV dilaksanakan secara virtual pada Sabtu (5/12/2020) nanti, di Hotel Kyriad.

Kegiatan yang diselenggarakan selama sehari tersebut, jelasnya, diselenggarakan oleh DPW PKS Aceh bekerja sama dengan Fraksi PKS DPRA.

Peserta yang mendaftar, sebut dia, sebanyak 220 orang dari kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dari jumlah itu, yang memenuhi syarat sesuai verifikasi 169 orang.

“Usia peserta mulai 17 tahun hingga 25 tahun dan memiliki rekomendasi dari masing-masing dayah dalam Provinsi Aceh,” jelasnya.

Baca juga: Alhamdulillah, Hari Ini tak Ada Penambahan Warga Suspek Covid di Lhokseumawe, Ini Data Lengkapnya

Baca juga: Aduh, Setelah 6 Hari Kasus Positif Covid Muncul Lagi di Lhokseumawe, Waspadai Jika Ada Gejala Ini

Baca juga: Viral Video Lafaz Azan Diganti Seruan Jihad, Asal Usulnya Terungkap, 7 Warga Minta Maaf

Kata Tgk Mahyaruddin, peserta yang meraih juara lomba membaca kitab kuning IV tingkat Provinsi Aceh akan diutus untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

Tujuan kegiatan lomba membaca kitab kuning IV tingkat Provinsi Aceh ini guna memotivasi kepada para santri/santriwati di Aceh untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning.

“Di samping juga untuk membudayakan baca kitab kuning di tengah masyarakat dan sekaligus untuk mempersiapkan para kader ulama yang mampu membaca kitab kuning,” ulasnya.

Menurut Tgk Mahyaruddin Yusuf, sebanyak 10 finalis yang memiliki nilai tertinggi akan diseleksi 6 orang untuk juara I, II, III, hingga juara harapan I, II, dan III.

Finalis yang meraih juara I diberikan uang tunai Rp 15 juta, juara II Rp 13 juta, juara III Rp 11 juta. Sedangkan, juara harapan I Rp 9 juta, juara harapan II Rp 7 juta, dan juara harapan III Rp 5 juta.

Baca juga: Perawat Maradona Sebut Dokter Pribadi Jadi Pihak Bertanggung Jawab Atas Kematian Sang Legenda

Baca juga: Kejari Sabang Geledah Dishub Terkait Kasus Dugaan Korupsi Belanja BBM, Sita Barang & Voucher Ini

Baca juga: Terpikat Dua Pemain Bola, Ibu Muda Ini Ajak Remaja Itu ke Rumah Lalu Merayunya Berbuat Tak Senonoh

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Zulfikar Aziz SE mengapresiasi lomba membaca kitab kuning tersebut.

Apalagi di Aceh Besar, bebernya, lomba baca kitab kuning ini juga rutin dilaksanakan dan pesertanya banyak yang mendaftar.

Bahkan, Aceh Besar pada tahun 2021 nanti, mengalokasikan anggaran mencapai Rp 500 juta untuk Musabaqah Qiraatul Kutub (MTTK) di Kabupaten Aceh Besar.

“Makanya, kita sangat mendukung program ini dan berharap lomba baca kitab kuning (Qiratul Qutub) menjadi agenda rutin dalam menciptakan kader-kader menghafal kitab kuning,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved