Breaking News:

Pasar Murah

Warga Serbu Pasar Murah Dinas Pangan Aceh, Empat Jam Habis Terjual

Sebagian besar bahan pangan yang dijual di pasar murah itu, seperti cabe, bawang, dan lainnya diambil langsung dari petani lokal.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
FOTO HUMAS DINAS PANGAN ACEH
Sejumlah warga mendatangi Pasar Mitra Tani milik Dinas Pangan yang menggelar pasar murah di kawasan Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar pada Kamis (17/12/2020). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Ratusan warga menyerbu Pasar Mitra Tani milik Dinas Pangan Aceh yang menggelar pasar murah di kawasan Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar pada Kamis (17/12/2020) atau samping Kajhu Swalayan.

Dalam waktu empat jam, sejumlah bahan pangan pokok dan pangan olahan lokal habis terjual. 

Kepala Dinas Pangan Aceh, Cut Yusminar APi MSi kepada Serambi usai kegiatan mengatakan pasar murah diadakan untuk membantu masyarakat, terutama petani. Sebab, sebagian besar bahan pangan pokok seperti cabe, bawang, dan lainnya diambil langsung dari petani lokal.

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka pengamanan pasokan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan. Kegiatan yang sama juga dilaksana serentak se Indonesia yang disertai dengan launching aplikasi bazar online dan marketplace PasTani oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias dan senang dengan adanya pasar murah. Bahkan dalam empat jam semua barang dagangan habis terjual. Semua bahan pangan kita ambil langsung dari petani lokal dan UMKM lokal,” ungkap Cut Yusminar.

Cut Yusminar didampingi Kabid Distribusi, Ir Muazzin mengungkapkan, total bahan pangan yang terjual di antaranya, beras sekitar 6 ton, telur 500 papan atau 1 ton, minyak goreng 300 liter, gula 300 kg, dan bahan pangan lainnya seperti cabai, bawang, serta produk lokal olahan UMKM.

“Pasar Mitra Tani ini sebenarnya rutin dibuka setiap Senin- Jumat dari pukul 08.00 pagi -4.30 sore dan khusus Sabtu dari 08.00 pagi – 12.00 siang. Untuk hari ini kebetulan sekalian dengan acara pusat. Kita juga rutin laksanakan pasar murah jelang hari-hari besar,” ulasnya.

Lebih lanjut, Cut Yusminar menyampaikan, Dinas Pangan Aceh telah membuka Pasar Mitra Tani sejak tahun 2018 yang dulunya bernama Toko Tani Indonesia Center. Tujuan pembentukan Pasar Mitra Tani ini untuk menjadi pusat distribusi pangan yang terjangkau oleh masyarakat.

“Kita juga menfasilitasi produsen pangan (petani) agar memasukkan produknya ke Pasar Mitra Tani dan tanpa dipungut biaya sewa toko (gratis). Kita harapkan program ini mampu memangkas rantai distribusi yang membuat harga mahal,” pungkasnya.b

Baca juga: Harga Telur Ayam Turun, Harga Ayam Potong Naik Jadi Rp 32.000 per Kg

Baca juga: Momen Cristiano Ronaldo Gagal Cetak Gol Penalti, Pirlo: Sering Terjadi, Namun Ini Memalukan

Baca juga: Kemasan Produk Kini Juga Dipakai untuk Kampanyekan Pesan Antikorupsi, Digagas oleh KPK dan BPOM

Baca juga: BREAKING NEWS: Artis TA dan Seorang Pria Diamankan di Hotel, Diduga Terlibat Prostitusi Online

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved