Breaking News:

Penanganan Covid 19

Gubernur Nova: Refleksi 16 Tahun Tsunami Momentum Kebangkitan Aceh dari Pandemi Covid-19

Refleksi 16 tahun tsunami ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan Aceh dan masyarakat Indonesia yang terpuruk akibat Covid -19.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Taufik Hidayat
For Serambinews.com
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, membacakan sambutan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak segenap masyarakat Aceh agar momen refleksi 16 tahun tsunami dijadikan momentum kebangkitan Aceh dan masyarakat Indonesia yang terpuruk akibat Covid -19.

Hal itu disampaikan Gubernur Nova dalam sambutan tertulis yang dibacakan kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Aceh Jamaluddin dalam acara Refleksi 16 Tahun Tsunami yang diselenggarakan secara virtual oleh Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP TIM) Jakarta, Kamis (24/12/2020) malam.

Gubernur Nova Iriansyah menurut Jamaluddin sedang berada dalam keadaan kurang sehat dan karenanya sambutan gubernur diminta disampaikan oleh dirinya.

“Peristiwa tsunami sudah memberi pelajaran kepada sesama kita. Seluruh  dunia berduka dan bergerak membantu Aceh. Bencana telah mengajarkan rakyat Aceh tentang arti kemanusiaan, kebersamaan, solidaritas dan saling menghargai, hingga memperkaya pengetahuan dan membuat kita lebih tabah dan beriman,” ujar Gubernur Nova.

Ditambahkan lagi, “Tsunami juga berperan mengantarkan perdamaian Aceh. Aceh perlahan bangkit, berbenah dan pembangunan jadi lebih baik dalam segala bidang.”

Gubernur menambahkan, saat ini Allah sedang menguji dengan Covid-19 sejak ditemukan di Wuhan. Virus ini menyebar dan menjangkiti penduduk dunia termasuk Aceh.

Bencana Covid begitu berbahaya dan merongrong setiap sendi masyarakat. Virus ini telah memaksa berbagai aktivitas banyak sektor lumpuh, perusahan tutup.

Ekonomi terpuruk, pendidik terdampak. Pemerintah pusat dan Aceh terus lahirkan kebijakan melawan Covid sejak maret 2020.

“Dengan dukungan seluruh elemen masyarakat Aceh, saat ini kondisi perlahan membaik, ekonomi bangkit, pembangunan digalakkan kembali, Insya  Allah kita akan mampu melewati ujian ini. Pendami belum berakhir, kerja melawan virus masih butuh semangat dan kesukarelawan kita seperti kita bangkit pada saat tsunami Aceh,” demikian Nova Iriansyah.

Para pembicara dalam refleksi itu mantan Plt Gubernur Aceh Azwar Abubakar, mantan Pj Gubernur Aceh Mustafa Abubakar, mantan juru runding RI-GAM, Sofyan A Djalil dan tausiah oleh mantan Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi, dan pembacaan puisi oleh penyair Fikar W Eda.

Mantan Wapres M Jusuf Kalla, sedianya jadi pembicara kunci dalam acara tersebut tidak bisa terkoneksi karena yang bersangkutan sedang berada di Kabul Afghanistan.  

Jalannya diskusi dipandu mantan Ketua Solidaritas Mahasiswa Aceh Jakarta (SOMAKA) Fajran Zein dan Host Syahrul Arifin.(*)

Bersama-kita lawan virus corona. Serambinews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat Pesan Ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak)

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat Dua Kali Lipat dalam Sebulan, Satgas Sebut bukan Akibat Pilkada

Baca juga: Mesin Boat Mati, Tiga Nelayan dan Satu Anggota TNI Lima Hari Terombang-ambing di Laut Lepas

Baca juga: Legenda Manchester United Gary Neville Mengaku Bingung dengan Penampilan Manchester United Musim Ini

Baca juga: Siap-siap, PNS yang Cuti Tanpa Izin Bakal Kena Sanksi: Dari yang Paling Ringan hingga Paling Berat

Baca juga: Sungai Souraya dan Lae Cinendang Meluap, Wilayah Subuluusalam dan Singkil Terendam

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved