Breaking News:

Info Gempa

Hari Ini Gempa 6,3 Goyang Filipina, Tiga Jam Kemudian Sulawesi Utara Diguncang Gempa 5,2

Tiga jam setelah gempa Calatagan,Filipina, gempa bumi berkekuatan 5,2 SR melanda Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Safriadi Syahbuddin
bangladeshchronicle.net
Ilustrasi gempa - Gempa bumi mengguncang dua wilayah, yakni Filipina dan Sulawesi Utara pada pagi hari Natal, Jumat (25/12/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Gempa bumi mengguncang dua wilayah, yakni Filipina dan Sulawesi Utara pada pagi hari Natal, Jumat (25/12/2020).  

Pada pukul 07.43 pagi waktu Filipina (06.43 WIB), gempa bermagnitudo 6,3 mengguncang wilayah Calatagan, Batangas, Filipina.

Ahli seismologi negara bagian Phivolcs melaporkan, gempa memiliki kedalaman 102 kilometer dan berasal dari tektonik, yang berarti itu disebabkan oleh pergerakan di kerak bumi.

Getaran gempa berskala IV MMI atau cukup kuat dirasakan di wilayah Lemery dan Malvar, Batangas, San Pedro, Laguna, Kota Manila, Kota Marikina, Kota Quezon, Kota Cainta dan Antipolo, Kota Rizal, dan Pasig.

Getaran level III MMI, yang ditandai dengan getaran cukup dirasakan di Kota Caloocan, Tanay, Rizal, Kota San Jose Del Monte dan Plaridel, Bulacan, Kota Gapan, Nueva Ecija, Cabangan dan Iba, Zambales, Samal, Bataan, Kota Valenzuela, dan Kota Malabon.

Intensitas II MMI dilaporkan di San Isidro, Nueva Ecija dan Kota Alaminos, Pangasinan. 

Laporan CNN Philippines, Jumat (25/12/2020) orang-orang di daerah tersebut merasakan guncangan gempa 6,3 skala richter (SR) itu.

BMKG Filipina mencatat setidaknya delapan gempa susulan sejak gempa terjadi pada pukul 7:43 pagi.

Badan tersebut juga mengatakan tidak ada peringatan ancaman tsunami.

Gempa 6,3 SR menguncang Filipina pada pukul 7:43 waktu setempat atau 6:43 WIB, mengakibatkan kehancuran dinding sebuah rumah warga di hari Natal, Jumat (25/12/2020)
Gempa 6,3 SR menguncang Filipina pada pukul 7:43 waktu setempat atau 6:43 WIB, mengakibatkan kehancuran dinding sebuah rumah warga di hari Natal, Jumat (25/12/2020) (Walikota Mindoro Barat, Mike Orayani )

Walikota Mindoro Barat, Mike Orayani mengatakan kepada CNN Philippines bahwa gempa telah merusak tiga rumah di kota itu. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved