Breaking News:

Penanganan Covid 19

Pasien Covid-19 Bertambah 13 Orang, Total Sudah  8.711 Orang

Tim surveilans, terus melacak orang yang kontak erat dengan 13 penderita baru Covid-19 untuk di-swab meski tidak menunjukkan gejala demam.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
For. Serambinews.com
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINESW.COM, BANDA ACEH – Warga Aceh yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test dengan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) bertambah lagi 13 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Minggu (27/12/2020) mengatakan ke 13 orang yang positif Covid-19 tersebut merupakan warga Banda Aceh tujuh orang, warga Lhokseumawe dua orang, warga Aceh Selatan, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Langsa, masing-masing satu orang.

“Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak empat orang semuanya warga Kota Lhokseumawe, dan tidak ada laporan penderita yang meninggal dunia,” tambah pria yang akrab disapa SAG ini.

Tim surveilans, kata SAG, terus melacak orang yang kontak erat dengan 13 penderita baru Covid-19 untuk dilakukan swab meski tidak menunjukkan gejala demam.

Penelusuran (tracing) menjadi lebih mudah dan cepat bila para kontak erat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang baru tersebut proaktif dan bersedia dilakukan swab oleh petugas kesehatan.

Namun, fakta di lapangan banyak yang tidak bersedia diswab dengan berbagai alasan.

Baca juga: Sudah Seminggu tak Ada Warga Positif Covid-19 di Aceh Barat

Baca juga: Meski Kawat Kejut Telah Dipasang, Gajah Masih Masuk ke Kebun Petani di Tangse

Baca juga: Normalisasi Sejumlah Negara dengan Israel, Kado Pahit Bagi Rakyat Palestina

Kumulatif Kasus Covid-19 di Aceh

SAG juga melaporkan kumulatif kasus Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 8.711 orang.

Penderita yang dirawat saat ini 909 orang, sudah sembuh sebanyak 7.458 orang, dan 344 orang meninggal dunia.

Lebih lanjut, Jubir Pemerintah Aceh itu mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 636 orang.

Dari jumlah kasus probable tersebut, 36 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 545 sudah selesai isolasi, dan 55 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 5.112 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.775 orang sudah selesai masa isolasi, 315 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 22 orang isolasi di rumah sakit.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Tiga Hari Berada di Aceh, Berdoa di Kuburan Massal dan Bertemu Habib Muhammad

Baca juga: Presiden Putin akan Disuntik Vaksin Rusia Sputnik V

Baca juga: Di Nagan Raya, Sejumlah Penerima PKH dan BPNT Mundur

Bersama kita lawan virus corona

Serambinews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat Pesan Ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved