Breaking News:

Berita Banda Aceh

Gubernur Aceh Serahkan Tiga Bansos Tunai Serentak

Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyerahkan langsung tiga bantuan tunai serentak, Senin (4/1/2021)....

Penulis: Subur Dani | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyerahkan langsung tiga bantuan tunai serentak, bantuan diserahkan secara seremonial kepada tiga penerima manfaat dari ketiga program yaitu program keluarga harapan (PKH), program sembako dan bantuan sosial tunai (BST) di Banda Aceh, Senin (4/1/2021). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyerahkan langsung tiga bantuan tunai serentak, Senin (4/1/2021).

Bantuan diserahkan secara seremonial kepada tiga penerima manfaat dari ketiga program yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sebelum Nova Iriansyah menyerahkan bantuan tunai tersebut kepada penerima manfaat dari seluruh Aceh, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual telah meluncurkan tiga bantuan sosial tunai se Indonesia.

Bantuan itu diharapkan dapat meringankan keluarga yang terdampak pandemi. Selain itu bantuan itu diharapkan bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, memperkuat daya beli masyarakat, sehingga ekonomi nasional menjadi lebih baik.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran dalam APBN senilai 110 triliun rupiah untuk seluruh penerima di seluruh Indonesia.

"Bantuan ini dalam rangka membantu masyarakat menghadapi pendemi covid-19 dan disalurkan langsung mulai hari ini ke 34 provinsi di Indonesia," kata Jokowi, sapaan presiden.

Jokowi berharap bantuan tersebut dapat meringankan keluarga yang terdampak pandemi, serta bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional. Selain itu, bantuan tunai itu diharapkan bisa memperkuat daya beli masyarakat, sehingga ekonomi nasional menjadi lebih baik.

Jokowi berpesan agar masyarakat penerima manfaat bisa memanfaatkan bantuan tersebut secara tepat.

"Jangan ada yang digunakan untuk beli rokok. Terutama bapak-bapak, jangan dipakai untuk beli rokok. Belikan sembako sehingga bisa mengurangi beban keluarga saat pandemi. Utamakan untuk kebutuhan pangan dan sembako," ujar Jokowi.

Kepada seluruh gubernur dan bupati/wali kota se Indonesia, Jokowi menitip pesan agar mengawal langsung penyaluran bantuan sosial itu sehingga diterima oleh orang tepat sasaran. Dengan demikian manfaat secara ekonomi bisa segera dirasakan masyarakat.

PKH dan program sembako merupakan transformasi Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) merupakan bansos reguler yang sebelum pandemi Covid-19 sudah disalurkan. Sedangkan BST adalah bantuan khusus di tengah pandemi.

Pada tahun-tahun sebelumnya, BST disalurkan ke penerima manfaat di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sementara penerima manfaat di Jabodetabek menerima bansos sembako. Untuk menghindari penyimpangan, pada tahun ini, bansos sembako kemudian diganti bansos tunai.

Untuk program sembako dan PKH akan disalurkan lewat Himpunan Bank Negara (Himbara), yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN), empat Bank pelat merah alias Bank BUMN. Sedangkan BST akan disalurkan lewat PT Pos.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved