Breaking News:

Berita Abdya

Babinsa Kodim Abdya Ikut Halau Tanaman Padi dari Serangan Hama Burung

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadi gagal panen, mengingat serangan hama burung sejak sepekan terakhir yang sangat banyak.

SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA 
Seorang anggota Babinsa Koramil 03 Jeumpa Kodim 0110 Abdya turun ke sawah bersama kelompok tani Pante Ara, Rabu (13/1/2021).  

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Sejumlah Anggota Babinsa Koramil 03 Jeumpa Kodim 0110 Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan pemantauan langsung tanaman padi yang sedang berbunga atau usia 48 hari.

Artinya mereka ikut menghalau serangan hama burung terhadap tanaman, Selasa (13/1/2020).

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadi gagal panen, mengingat serangan hama burung sejak sepekan terakhir yang sangat banyak.

"Dengan umur 48 hari, pemantauan ini sangatlah penting, sehingga tidak terjadi gagal panen," ujar Koptu Rudi kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Untuk itu, Koptu Rudi merasa penting mengajak petani untuk turun ke sawah dan menghalau hama.

Karena, lanjutnya, padi merupakan tanaman yang sangat penting di Indonesia, Padi menghasilkan beras, rata-rata penduduk Indonesia yang mengonsumsi padi untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu berbagai hal perlu dilakukan, termasuk dalam memantau perkembangan tanaman padi agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat diketahui dan tentunya produksi bisa memuaskan.

"Dalam melakukan usaha menanam padi sebenarnya tidaklah susah asalkan kita ulet dan rajin serta mau dalam pengolahan, perawatan dan mencukupi segala kebutuhan bagi tanaman padi tersebut," ujarnya. 

Selama ini, sebutnya, seperti diketahui bersama tidak sedikit petani yang mengalami kerugian akibat kurangnya perhatian dalam memenuhi kebutuhan dan perawatan bagi tanaman padi.

"Karena bagi petani, cara bercocok tanam bukan hal yang sulit, namun yang sulit untuk memelihara, pertumbuhan dan perkembangannya," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, selaku aparat kewilayahan (Babinsa) dan instansi terkait akan terus terus bersinergi guna membantu dan mendampingi petani dalam bercocok tanam.

"Semoga dengan turunnya kami ke lapangan ini, bisa mengurangi petani gagal panen, akibat serangan hama," pungkasnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved