Breaking News:

Aparatur Pemerintah Sabang Ikuti Lokalatih Penandaan Anggaran Biru

Pemerintah Kota Sabang bersama Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan dukungan WCS IP

Editor: bakri
Aparatur Pemerintah Sabang Ikuti Lokalatih Penandaan Anggaran Biru
FOTO HUMAS PEMKO SABANG
Faisal Azwar ST MT, Kepala Bappeda Kota Sabang

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Sabang bersama Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan dukungan WCS IP dan GERAK Aceh mengadakan Lokalatih Penandaan Anggaran Biru (Blue Budget Tagging) Bagi Aparatur Pemerintah, di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh selama dua hari, (14-15 Januari 2021).

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar, mengatakan penandaan penganggaran biru  adalah suatu bentuk upaya (investasi) yang dilakukan agar pelaksanaan pembangunan tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan dan sumber daya alam. Khususnya, sumberdaya perairan, pesisir dan laut, serta mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di mana unsur keterbukaan dan saling menerima (social inclusion) sehingga dampak yang dihasilkan dapat dirasakan oleh semua pihak.

Hal ini menjadi penting, terutama untuk daerah kepulauan yang memiliki ketergantungan terhadap sumberdaya bahari dan memiliki tingkat kerentanan yang tinggi terhadap perubahan iklim. Lebih lanjut, Faisal Azwar menjelaskan tujuan dari dilaksanakannnya lokalatih ini adalah agar aparatur Pemko Sabang dapat menganalisis proporsi belanja anggaran dibeberapa perangkat daerah.

Dikatakan, terutama yang berhubungan dengan isu pengelolaan kelautan, perikanan dan pembangunan berkelanjutan Kota Sabang yang terintegrasi, melalui pendekatan penandaan anggaran.

Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemko Sabang untuk menentukan dan menetapkan indikator-indikator capaian program yang relevan sebagai tolok ukur capaian dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Kota Sabang ke depan.(una)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved