Breaking News:

Finalisasi Pilkada Aceh

BREAKING NEWS - KIP Aceh Finalisasi Tahapan Pilkada Aceh Tahun 2022

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh melakukan rapat finalisasi tahapan pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022 di aula KIP setempat, Senin (18/1/2021)

SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri bersama komisioner lainnya memimpin rapat finalisasi tahapan pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022 di aula KIP setempat, Senin (18/1/2021). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh melakukan rapat finalisasi tahapan pelaksanaan Pilkada Aceh tahun 2022 di aula KIP setempat, Senin (18/1/2021).

Rapat ini dipimpin Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri bersama komisioner lainnya, Tharmizi, Munawarsyah, Akmal Abzal, Ranisah, Muhammad dan Agusni AH.

Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri disela-sela rapat kepada Serambinews.com, Senin (18/1/2021) menyampaikan bahwa dalam rapat itu pihaknya melihat kembali draf rancangan tahapan sebelum ditetapkan.

Ia mengatakan, rencananya KIP Aceh bersama KIP kabupaten/kota akan menetapkan rancangan tahapan Pilkada Aceh tahun 2022 pada Selasa (19/1/2021) besok.

"Dalam rapat ini kita melihat kembali ada tidak tahapan-tahapan yang saling bertabrakan yang tidak mungkin sama sekali kita jalankan. Makanya hari ini kita finalisasi," katanya.

Karena tahapan ini juga menyangkut dengan pelaksanaan Pilkada di kabupaten/kota, maka pihaknya juga akan mengundang komisioner KIP kabupaten/kota ke provinsi guna membahas draf tahapan sebelum ditetapkan.

"Setelah finalisasi oleh KIP Aceh, isyaallah besok kita finalisasi lagi dengan KIP kabupaten/kota, karena ini menyangkut dengan Pilkada serentak," ungkap mantan ketua Panwaslih Aceh ini.

Rapat finalisasi ini perlu dilakukan agar semua tahapan yang ditetapkan nantinya bisa dijalankan dan tidak bertabrakan antara tahapan Pilkada Gubernur dengan tahapan Pilkada Bupati/Wali Kota.

Dengan adanya tahapan ini, maka Pilkada Aceh dipastikan digelar tahun 2022, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Pemerintahan Aceh dan Qanun Aceh Nomor 12 tahun 2016.

Keputusan ini diambil KIP Aceh di tengah belum adanya keputusan dari pemerintah pusat apakah Pilkada Aceh tahun 2022 atau dilaksanakan secara serentak pada tahun 2023 atau 2024.

Kendati demikian, Samsul Bahri menyakini tidak akan menjadi persoalan terkait penetapan tahapan Pilkada Aceh, meskipun belum adanya keputusan dari pemerintah pusat.

"Insyaallah tidak ada persoalan, tinggal disinergikan dengan pusat nantinya. Itulah permintaan Mendagri kepada Pemerintah Aceh dan DPRA untuk berkoordinasi agar Pilkada di Aceh tahun 2022 bisa kita jalankan," pungkasnya.(*)

Baca juga: Sosok Deva Rachman Istri Kedua Syekh Ali Jaber, Punya Prestasi Mentereng, Bukan Orang Sembarangan

Baca juga: Ketua FKUB Langsa Ingatkan Masyarakat Aceh Terhadap Pendangkalan Aqidah dan Pemurtadan

Baca juga: Kisah Ahmad Nur, Pemuda Bersorban dan Wajah Penuh Tato, Ingin Jadi Pendakwah, Hafiz 24 Juz Al-Quran

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved