Breaking News:

Pendidikan

YPI Misbahuddin Dhulam Al-Aziziyah Pijay Buka Program Pendidikan S1 dan S2

"Dengan hadirnya program pendidikan S1 dan S2 di YPI-MDA tentunya akan menambah panjang daftar intelektual muslim yang mumpuni dalam mengayomi umat."

YPI MDA/For Serambinews.com
Staf Pembina Dayah Aceh, Drs Tgk H Hasbi Daud MAg memberikan pengarahan kepada unsur Pimpinan Yayasan Penddikan Islam Misbahuddin Dhulam Al-Aziziyah (YPI-MDA) Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Jumat (22/1/2021). SERAMBINEWS 

"Dengan hadirnya program pendidikan S1 dan S2 di YPI-MDA tentunya akan menambah panjang daftar intelektual muslim yang mumpuni dalam mengayomi umat."

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Yayasan Pendidikan Islam Misbahuddin Dhulam Al-Aziziyah (YPI-MDA) Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay) kini memiliki Prodi Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) Ekonomi, Hukum, Peternakan, Manajemen Pendidikan, dan Manajemen SDM.

Informasi itu disampaikan oleh Staf Pembina Dayah Aceh, Drs Tgk H Hasbi Daud MAg kepada Serambinews.com. Jumat (21/1/2021).

Menurut Tgk Hasbi Daud yang akrab disapa Abi Hasbi, YPI-MDA Lueng Putu, Pijay merupakan salah satu lembaga pendidikan yang paling baik saat ini di Pijay.

Lembaga ini, lanjut Abi Hasbi berkiprah membina umat melalui bidang pendidikan dengan  mengadopsi pendidikan agama dan umum.

Baca juga: Kronologi & Fakta Tanah Bergerak di Aceh Besar, Amblas sampai 3,5 Meter tapi Sebabnya Masih Misteri

Dikatakannya, dengan hadirnya program pendidikan S1 dan S2 tentunya akan menambah panjang daftar intelektual muslim yang mumpuni dalam mengayomi umat.

Menurut mantan direktur Dayah Jeumala Amal (DJA) itu, dengan hadirnya pondok pesantren atau dayah yang memiliki pola pendidikan gabungan ini maka sudah selanyaknyalah bagi setiap orang tua dapat menempatkan generasi muslim untuk menuntut ilmu pada YPI yang telah dimiliki oleh beberapa dayah di Aceh. 

Baca juga: Badai Dera Aceh Singkil

Dayah tersebut antara lain Dayah MUDI Mesra Samalanga dan Dayah DTB Arongan. Sedangkan di tingkat menengah atas, ada Dayah Jeumala Amal.

"Saya harap dengan pola pendidikan kombinasi ini dapat melahirkan generasi muda Islam yang lebih peka dengan pengaruh globalisasi," tandasnya.

Baca juga: Warga Timbun Ruas Jalan Provinsi yang Rusak

Ketua YPI MDA, Tgk Asbahani SHI bersama Direktur Dayah Misbahudh Dhulam Al-Aziziyah Lueng Putu, Tgk Amirullah Batee mengatakan, hadirnya program perkuliahan dalam dayah ini akan lebih memotivasi lahirnya generasi yang memiliki kapasitas ilmu yang berintegritas tinggi.

"Kombinasi pendidikan ini menjadi tuntuntan zaman di era globalisasi dengan penerapan ilmu agama dan umum melalui Prodi syariah lewat kerja sama UNIKi Bireun," demikian Tgk Asbahani SHI. (*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved