Breaking News:

26 Insinyur Profesional Lulusan Perdana USK Diambil Sumpah

Sebanyak 26 Insinyur profesional yang merupakan lulusan perdana dari Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Fakultas Teknik Universitas

Editor: bakri
FOTO HUMAS UNSYIAH
Sebanyak 26 Insinyur Profesional lulusan perdana USK mengikuti doa bersama pada acara pengambilan sumpah mereka di Gedung ACC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (22/1/2021). 

BANDA ACEH - Sebanyak 26 Insinyur profesional yang merupakan lulusan perdana dari Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) diambil sumpahnya. Pengambilan sumpah yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (22/1/2021) pekan lalu, dipimpin Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Dr Ir Heru Dewanto MScEng IPM ASEANEng.

Heru Dewanto mengatakan, dirinya mengapresiasi keberhasilan USK dalam menjalankan program PS-PPI. Setelah pengambilan sumpah ini, sebut Heru, 26 Insinyur tersebut sudah dapat menempatkan gelar insinyur profesional secara legal dan sah di depan namanya. "Selain itu, secara legal dan sah pula mereka sudah bisa melakukan praktik keinsinyuran yang sesuai dengan amanat undang-undang," ujarnya.

Heru menjelaskan, sejarah sudah mencatat bahwa peran insinyur sangat menentukan arah peradaban. Maka dengan logika yang sama pula Insinyur harus mampu memecahkan berbagai persoalan di dunia.

Sementara itu, Rektor USK, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para Insinyur tersebut. Rektor menilai, keberhasilan PS-PPI dalam meluluskan 26 Insinyur ini merupakan sebuah kebanggaan bagi USK.

Prof Samsul mengungkapkan, tantangan USK ke depan adalah mengimplementasikan UU Nomor 11 Tahun 2014 dan PP Nomor 25 tahun 2019 tentang Keinsinyuran dengan baik. Fakultas Teknik (FT) USK hingga kini sudah meluluskan lebih dari 9.766 sarjana teknik dari berbagai bidang. Dari jumlah tersebut, 28 persen alumni FT USK sudah bekerja sesuai dengan bidang ilmu keteknikan. Artinya sekitar 2.700 sarjana teknik bekerja pada lingkup keinsinyuran.

"Karena itu, kehadiran PS-PPI di FT USK merupakan jawaban implementasi dari UUK dan PP tersebut di Aceh, untuk dapat melahirkan Insinyur yang berkontribusi pada pembangunan nasional dan Aceh khususnya," ucap Prof Samsul seperti disampaikan Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, Jumat (22/1/2021).

Dekan Fakultas Teknik USK, Dr Ir Taufiq S MEng IPU menjelaskan, 26 Insinyur itu merupakan lulusan perdana PS-PPI USK dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). "Semua lulusan merupakan dosen Fakultas Teknik USK yang berlatar belakang sarjana (S1)  bidang teknik, termasuk di antaranya Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan dosen," ungkapnya.(jal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved