Breaking News:

Kreatifnya Warga Blang Mangat, Lokasi Pembuangan Sampah ‘Disulap’ Jadi Pusat Kuliner

Dalam dua hari terakhir ini, sejumlah postingan foto perbandingan antara tempat dipenuhi sampah dengan lokasi yang sudah indah

Editor: bakri
For Serambinews.com
Foto bebas sampah (setelah) di Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.  

Dalam dua hari terakhir ini, sejumlah postingan foto perbandingan antara tempat dipenuhi sampah dengan lokasi yang sudah indah, beredar di sejumlah media sosial. Termasuk sejumlah grub whatshapp di Lhokseumawe.

Ternyata, foto-foto tersebut berada di Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe. Hebatnya lagi, untuk mengubah lokasi itu dilakukan secara swadaya unsur Muspika Blang Mangat, aparatur gampong, dan warga. Malahan,  untuk memperindah lokasi hanya dengan mengandalkan bahan bekas.

Camat Blang Mangat, Ridha Fahmi SSTP MSP, Selasa (2/2/2021), menjelaskan, kalau di lokasi itu berada di jalan lintas Meraksa. Dulunya menjadi tempat tempat pembuangan sampah liar, sehingga sangat mengganggu lingkungan.

Pihaknya mencari cara yang efektif supaya lokasi tersebut tidak lagi menjadi tempat pembuangan sampah. "Sehingga kita sepakati bersama, untuk mengubah lokasi tersebut menjadi ruang terbuka publik. Selain itu, dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai pusat jajanan kuliner," ujarnya.

Karena itu, mulai 26 Januari 2021 lalu, pihaknya mengubah lokasi dengan membuang sampah dan merapikannya. Selanjutnya, berbagai sarana publik di lokasi tersebut seperti jembatan dan lainnya di cat warna-warni. Lalu, ada fasilitas tambahan untuk memperindah suasana sepeti jambo singgah, ditanam sejumlah ban bekas yang juga sudah dicat warna-warna, tempat selfi, serta bahan lainnya.

Menurut Ridha Fahmi, dalam waktu dekat ini, di lokasi itu akan dijadikan pusat kuliner. "Guna mengubah dan memperindah tempat sampah liar itu, kita lakukan semuanya secara swadaya dari unsur Muspika Blang Mangat, aparat gampong, dan warga setempat," tutup Camat Blang Mangat.(bah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved