Breaking News:

Dua Harimau Melintas di Puncak Gemilang

Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) dilaporkan kembali berkeliaran di kawasan dekat perkampungan warga Kecamatan Tapaktuan

SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
May Fendri 

TAPAKTUAN - Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) dilaporkan kembali berkeliaran di kawasan dekat perkampungan warga Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini, ada dua ekor harimau sumatra yang terlihat oleh warga sedang berkeliaran di kawasan yang lebih populer dengan sebutan Puncak Gemilang itu.

"Informasi dari warga Jorong Hulu, Tapaktuan, Selasa (2/2/2021) malam pukul 19.30 WIB telah melintas dua ekor nenek (harimau) di jalan ke Puncak Gemilang, tepatnya di posisi Bivak KMD," kata Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, May Fendri SE, Rabu (3/2/2021).

Kepada masyarakat di kawasan itu, May Fendri mengimbau agar tetap waspada, begitu juga dengan siapa pun yang melintas kawasan tersebut. Apabila masyarakat melihat hewan buas itu, agar segera melapor ke pihaknya atau dinas terkait lainnya.

Sebelumnya, seekor harimau sumatra juga dilaporkan masuk ke dalam kandang ayam milik Arianto, Warga Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan. Kejadian ini diketahui oleh Arianto pada Jumat (15/1/2021) dini hari, setelah mendengar auman harimau dekat rumahnya.

Setelah dicek, ternyata benar seekor harimau terjebak dalam kandang ayam yang terletak kurang lebih 5 meter dari rumahnya. Arianto lalu melaporkan kejadian tersebut kepada warga lainnya.

Mendapat laporan dari warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan melalui Pos Damkar-PB 01 Tapaktuan turun ke lokasi bersama pihak BKSDA, TNI/Polri untuk menyelamatkan harimau tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma SSTP menjelaskan, setibanya di lokasi, tim melihat harimau tersebut sudah keluar dari kandang ayam. "Agar masyarakat tidak resah, kami lalu mengusir harimau itu menggunakan mercon agar ia menjauh dari permukiman," kata Cut Syazalisma.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang berada dekat pegunungan agar selalu waspada terhadap ancaman harimau dan hewan buas lainnya. Selain itu, warga diminta memasang penerangan yang cukup di rumahnya masing-masing.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved