Breaking News:

Pembangunan Jembatan Panca Dilanjutkan 2022 

Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek SH MHum menyatakan, pembangunan jembatan Panca, di Gampong Panca, Kecamatan Seulimum

Serambi Indonesia
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meninjau Jembatan Panca-Panca Kubu di Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (27/1/2021). 

BANDA ACEH - Kepala Bappeda Aceh, H T Ahmad Dadek SH MHum  menyatakan, pembangunan jembatan Panca, di Gampong Panca, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, akan dilanjutkan pada tahun 2022 dengan menggunakan dana otsus provinsi.

“Namun begitu, jika pada tahun ini ada APBA Perubahan 2021, pembangunannya akan dilaksanakan mulai tahun ini,” katanya kepada Serambi, Rabu (3/2/2021).

Hal itu disampaikan sesuai rapat antara Bappeda Aceh dengan Bappeda Aceh Besar. Rapat itu membahas kelanjutan pembangunan jembatan Panca, Jembatan Lamsi dan rencana pembangunan 15 unit rumah layak huni untuk korban tanah bergerak di Gampong Lamklieng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar.

Dadek mengatakan, keterangan dari Dinas PUPR Aceh Besar, pembangunan jembatan rangka baja Panca itu sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu. Kemudian pada tahun 2017 dilanjutkan pengadaan satu bentang rangka baja, dan tahun 2018 lalu pemasangan rangka baja.

“Jembatan itu belum fungsional karena satu bentang lagi rangka baja sepanjang 60 meter belum diadakan dan dipasang,” imbuh Dadek.

“Pengadaan dan pemasangan rangka baja itu telah disepakati dan akan dilaksanakan pada tahun 2022 atau 2021 ini jika ada APBA perubahan,” imbuhnya.

Dadek menambahkan, kelanjutan pembangunan jembatan Panca merupakan skala prioritas bagi Pemerintah Aceh, dan sumber dananya akan diambil dari dana otsus provinsi. Sedangkan kelanjutan pembangunan jembatan beton Lamsie yang roboh dan putus akibat banjir bandang beberapa tahun lalu, pembangunan dilaksanakan pada tahun depan oleh Dinas PUPR Aceh Besar, dengan menggunakan dana Otsus Aceh Besar.

Sementara untuk pembangunan 15 unit rumah bantuan bagi korban tanah bergerak di Gampong Lamklieng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, akan menggunakan dana CRS Bank Aceh Syariah. Pelaksanaan pembangunannya dikoordinasi dan dimonitoring oleh Bappeda Aceh Besar.

Hasil rapat ini, kata Dadek, sudah disampaikan kepada Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT dan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, serta Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H A Wahab, untuk diketahui dan ditindaklanjuti sesuai kesepakatan dan kewenangan masing-masing.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved