Breaking News:

4 Pejabat USK Positif Covid-19

Empat pejabat di lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK) positif terinfeksi Covid-19. Mereka adalah Rektor Prof Dr Samsul Rizal MEng

Editor: bakri
FOTO HUMAS UNSYIAH
Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU 

BANDA ACEH - Empat pejabat di lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK) positif terinfeksi Covid-19. Mereka adalah Rektor Prof Dr Samsul Rizal MEng, Wakil Rektor IV Prof Dr Hizir Sofyan, Kepala Humas Chairil Munawir MM, dan Dekan Fakultas Teknik, Dr Taufik Saidi.

Informasi tentang terinfeksinya pejabat di lingkungan USK itu diperoleh Serambi dari dua sumber dalam waktu berbeda, Senin (8/2/2021).  Siang hari, Ketua Satgas Covid-19 USK, Prof Dr Marwan MT menginformasikan bahwa hanya Prof Samsul Rizal, Prof Hizir, dan Dr Taufik Saidi yang positif Covid-19. Informasi yang sama juga diperoleh dari Kahumas USK, Chairil Munawar pada pukul 13.03 WIB.

Tadi malam, sekitar pukul 21.30 WIB, kondisinya sudah berubah. Chairil Munawir juga mengaku bahwa ia pun positif Covid. “Saya baru terima hasil swab, ternyata positif,” kata Kepala Humas USK itu.

Hari Sabtu lalu Chairil memang seharian berinteraksi dengan Dr Hizir di rumahanya untuk membuat video pengukuhan Prof  Hizir sebagai guru besar yang sedianya berlangsung hari ini.

Kabar tentang terinfeksinya Rektor, Wakil Rektor IV, dan Dekan FT USK itu sejak kemarin siang menyebar luas di lingkungan USK setelah Satuan Tugas Covid-19 USK mengumumkan bahwa Samsul, Hizir, dan Taufik dinyatakan positif terinfeksi virus corona. “Dalam kesempatan ini kami ingin mengabarkan bahwa Bapak Rektor Prof Samsul Rizal, Wakil Rektor IV Prof  Hizir, dan Dekan Fakultas Teknik Taufik Saidi, terpapar Covid-19,” kata Marwan.

Disebutkan, ketiganya diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang keluar pada 6 dan 7 Februari 2021. Kendati demikian, ia memastikan ketiganya saat ini dalam kondisi sehat. “Kondisi beliau-beliau ini dalam keadaan baik dan saat ini cukup menjalani isolasi mandiri serta tetap beraktivitas seperti biasa dengan bekerja dari rumah,” tuturnya.

Rektor Samsul Rizal yang dihubungi menyatakan, “Ya alhamdulillah, kami baik-baik saja. Semoga dengan doa sahabat dan rekan-rekan semuanya kami cepat sembuh.”

Di sebuah grup WA yang anggotanya sangat terbatas, Prof  Samsul menyatakan, “Amin ya Rabbal alamin” berkali-kali ketika teman satu grup, Mawardi Ismail MHum, Prof Said Muhammad, Prof Humam Hamid, Makmur Ibrahim MH, Dr Adli Abdullah, Haizir Sulaiman MH, Prof  Warul Walidin, dan Azhari Hasan MSi mendoakan agar Rektor USK dan jajarannya cepat sembuh dan beraktivitas kembali.

Prof Marwan menambahkan, sebelum rektor sejumlah pegawai di lingkungan USK juga telah terpapar Covid-19. Sehingga, total kasus positif Covid-19 di USK mencapai 141 orang sejak Maret 2020.

Oleh sebab itu, Marwan mengimbau mereka yang pernah kontak erat dengan ketiga akademisi ini dalam tiga hari terakhir, segera melakukan uji swab atau isolasi mandiri di rumah selama satu minggu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved