Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Kebakaran Lahan di Babahrot Abdya Meluas, Muncul Dua Titik Api Baru

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilaporkan meluas

FOR SERAMBINEWS.COM
Api membakar eks lahan HPU PT CA Babahrot di kawasan terpencil Gampong Cot Seumantok dan Gampong Rukoen Dame, Kecamatan Babahrot, Selasa (16/2/2021). Petugas dari BPBK bersama personel dari Kodim 0110 dan Polres Abdya turun ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman dengan bantuan mesin pompa air serta melokalisir lokasi dengan mengalami parit dengan alat berat. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilaporkan meluas.

Sedikitnya, kebakaran lahan terjadi di tiga titik lokasi, dan Rabu (17/2/2021), muncul titik api baru yang membakar lahan milik masyarakat di daerah bawah Dusun Alue Mantri, Gampong Raja atau kawasan Gampong Rokoen Dame.

Padahal, saat yang sama, Rabu siang, puluhan anggota Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) bersama personel TNI/Polri dari Kodim dan Polres Abdya, sedang bekerja keras memadamkan api yang membakar eks lahan HGU PT CA dekat Jalan 30 atau Gampong Lhok Gayo.

“Hingga siang ini (Rabu), sekitar 40 anggota BPBK bersama TNI/Polri sedang berusaha keras memadamkan api yang membakar lahan dekat Jalan 30, Gampong  Lhok Gayo,” kata Kalak BPBK Abdya, Amiruddin kepada Serambibews.com, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS - Oknum PNS Pemko Banda Aceh Ditangkap, Diduga Perkosa Anak Kandung

Di lokasi ini, katanya, api yang belum diketahui sumbernya itu sudah membakar lahan seluas tidak kurang 4 hektare (ha).

Tindakan pemadaman menggunakan dua unit mesin pompa air jenis robin dan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Amiruddin membenarkan sudah mendapat informasi dari Danpos BPBK Kuala Batee, Zulmaidi, bahwa muncul titik api baru di lahan masyarakat kawasan bawah Dusun Alue Mantri, Gampong Blang Raja.

“Danpos Kuala Batee segera bergerak dari Jalan 30 Gampong Lhok Gayo untuk mengecek peristiwa kebakaran lahan lokasi baru, yaitu daerah bawah Alue Mantri,” katanya.

Baca juga: Tim Haji Uma Pulangkan TKI yang Sakit Asal Aceh Timur, Tubuh Kurus Kering dan Batuk Darah

Kalak BPBK Abdya itu membenarkan kalau titik api pertama di lahan PT CA kawasan Gamponbg Cot Seumantok, sudah berhasil dikuasai, Selasa (16/2/2021) sore.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved