Breaking News:

Wabup Abdya Minta Kehadiran Mahasiswa KKN Bisa Membawa Perubahan Masyarakat

Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menyebutkan, kehadiran mahasiswa ditengah-tengah masyarakat sebagai kekuatan

Wabup Abdya Minta Kehadiran Mahasiswa KKN Bisa Membawa Perubahan Masyarakat
FOR SERAMBINEWS.COM

BLANGPIDIE - Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menyebutkan, kehadiran mahasiswa ditengah-tengah masyarakat sebagai kekuatan dalam lingkungan masyarakat itu sendiri.

Sebab masyarakat harus merasakan langsung perubahan dengan hadirnya mahasiswa ditengah-tengah mereka. “Kehadiran kuliah kerja nyata tematik ini pada dasarnya dapat memperkuat masyarakat.

Masyarakat harus merasakan adanya perubahan setelah kedatangan mahasiswa untuk melakukan KKNT-MM II ini,” ujar wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dalam kegiatan pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Tematik-Merdeka Mengajar (KKNTMM) II Universitas Syiah Kuala, kemarin di kantor bupati setempat. Dengan begitu, kata Muslizar, mahasiswa merasa bertanggung jawab terhadap perubahan yang ada di masyarakat. Jadikanlah, semua ilmu selama masa KKNT berlangsung sebagai cikal bakal, agar nanti bisa mendengar sekaligus menjadi solusi untuk kesejahteraan masyarakat, terutama persoalan penggunaan dana desa yang tepat dan bermanfaat.

“Sedangkan peran kami selaku orang yang lebih tua dari kalian tidak lah lama lagi, justru kalianlah penerus kami dalam menciptakan kehidupan yang jauh lebih cerah dari hari ini,” ujarnya. Muslizar mengingatkan, keberhasilan bukanlah milik orang pintar, namun keberhasilan itu milik orang-orang yang senantiasa berusaha.

Maka, teruslah berevolusi menjadi orang-orang yang berguna bagi bangsa dan negara, waktu sangat panjang untuk dapat terus berbenah, berusaha melakukan kebaikan-kebaikan. “Dengan begitu keberhasilan tentu akan menjadi milik kita,” sarannya. Muslizar menerangkan, secara umum masyarakat di pedesaan masih sangat memerlukan motivasi, dorongan, dan pembinaan untuk mampu lebih kreatif dalam mengelola sumber daya atau potensi yang terdapat di wilayahnya. Dalam hal ini, tambahnya, pemerintah mulai dari pemerintah gampong sampai dengan pemerintah pusat telah berupaya sekuat tenaga untuk membangun dan memajukan desa, dengan merencanakan dan menerapkan berbagai program serta kegiatan yang bermuara pada peningkatan taraf kesehatan, pendidikan, ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat desa.

“Jadi, peran aktif pemerintah serta segenap komponen dalam masyarakat, baik dari pihak swasta, LSM, maupun perguruan tinggi menjadi faktor strategis yang mampu menggerakkan perubahan kearah yang lebih baik dengan jangka waktu yang dapat diprediksikan,” paparnya.

Tentunya, sambung Muslizar, koordinasi dan kerja sama berprinsip simbiosis-mutualisme dalam sebuah keterpaduan yang dinamis menjadi faktor utama penentu keberhasilan program pemberdayaan desa untuk mewujudkan masyarakat desa yang lebih sejahtera. “Kiranya tidak berlebihan jika kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Kampus Universitas Syiah Kuala, khususnya anakanak kami mahasiswa KKNT-MM II atas kehadiran dan keterlibatannya secara aktif dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat dalam Kabupaten Abdya,” pungkas Muslizar. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved