Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Kebakaran Meluas, Bupati Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Aceh Selatan Selama 60 Hari

Tak pelak, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran pun telah menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla selama 60 hari ke depan di kabupaten setempat.

Dok BPBD Asel
Kebakaran lahan di dua Kecamatan di Aceh Selatan, tepatnya di Gampong Padang Beurahan, Ujung Padang, Kecamatan Bakongan dan Gampong Keude Trumon, Kecamatan Trumon, meluas hingga 50 hektare, Minggu (21/2/2021). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Kebakaran lahan di dua kecamatan di Aceh Selatan kian meluas.

Pasalnya, kebakaran lahan di Gampong Padang Beurahan, Ujung Padang, Kecamatan Bakongan dan Gampong Keude Trumon, Kecamatan Trumon, kini meluas hingga 50 hektare.

Tak pelak, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran pun telah menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla selama 60 hari ke depan di kabupaten setempat.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, SSTP, Minggu (21/2/2021) malam, menjelaskan, untuk saat ini lahan gambut yang terbakar sudah mencapai 50 hektare.

Saat ini, ujar Cut Syazalisma, tim gabungan BPBD-Damkar, TNI-Polri, BKPH, BKSDA, Manggala Agni Sibolangit, TNGL, dan Masyarakat Peduli Api, terus melakukan upaya pemadaman dan kini memasuki hari ke-7. 

Baca juga: Masuk Musim Kemarau, BMKG Minta Warga Waspadai Kebakaran di Lahan Gambut

Baca juga: Gerebek Warung Remang-remang, Polisi Ciduk Mucikari dan 4 PSK

Baca juga: VIDEO - Erupsi Gunung Etna Menjadi Pertunjukan Kedahsyatan Alam

"Kondisi kemarau menjadi faktor utama semakin cepatnya penyebaran api, ditambah sumber air yang jauh membuat personel kita kewalahan untuk mencapai titik-titk api di pinggiran lahan sehingga penyebaran belum sanggup teratasi,” paparnya.

“Ditambah lagi kita harus membagi personel karena ada 7 titik panas yang terpantau di daerah kita yakni, empat titik terpantau di Trumon dan 3 titik terpantau di Kecamatan Bakongan," ungkapnya.

Tambah Kalak BPBD, pada Senin (22/2/2021) besok, pihaknya akan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Mapolres Aceh Selatan guna melakukan evaluasi dan mengatur rencana operasi selanjutnya.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat ingin membuka lahan perkebunan,” imbaunya.

“Apalagi saat cuaca kemarau seperti sekrang ini karena akan sangat rentan membuat api menyebar dan tak terkendalikan seperti kita rasakan sekarang," tukasnya.

Baca juga: Wilayah Operasi Komplotan Pencuri Lembu Pakai Xenia Ternyata Cakup Tiga Kabupaten, Dua Pelaku DPO

Baca juga: VIDEO - Pendaki Gunung Lawu Tersesat Berhasil Diselamatkan, Dituntun Burung Jalak

Baca juga: Kapay Peringati HUT Ke-3, 120 Yatim Kajhu dan Lainnya Disantuni, Anak-anak juga Dihibur Aneka Lomba

Terlebih, lanjut Cut Syazalisma, sesuai data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara, bahwa pada Minggu hari ini, terpantau 14 titik panas di Provinsi Aceh dan terbanyak di Aceh Selatan.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved