Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Pakai Mobil Listrik, Tak Pusing Ganti Oli dan Tune Up

KETUA MPR yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, tengah gencar mempromosikan kendaraan listrik

TRIBUNNEWS.COM
Bambang Soesatyo, Ketua MPR 

KETUA MPR yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, tengah gencar mempromosikan kendaraan listrik. Sehari-hari, pria yang akrab disapa Bamsoet itu memilih mobil listrik Hyundai Ioniq sebagai alat transportasi.

Bamsoet mengajak Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra untuk berkeliling kawasan Menteng, Jakarta Pusat, naik mobil kesayangannya tersebut. Bamsoet asyik bercerita mengenai apa saja keuntungan menggunakan mobil listrik, satu di antaranya pengeluaran sangat jauh lebih irit.

Menggunakan mobil listrik tidak perlu antre untuk isi bahan bakar minyak (BBM), tidak perlu servis dan ganti oli. Tak pelak, selain mobil Hyundai Ioniq, Bamsoet juga memiliki mobil Tesla buatan Amerika Serikat (AS). "Saya sudah empat tahun pakai mobil listrik. Sampai sekarang tidak banyak keluar uang untuk urusan mobil," ujar Bamsoet dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Network, Minggu (21/2/2021).

Selain hemat secara pribadi, menurut Bamsoet, mobil listrik juga dapat menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang selama ini banyak tersedot untuk subsidi BBM. Berikut petikan wawancara  dengan Bambang Soesatyo.

Apa sebenarnya perbedaan mobil konvensional dan mobil listrik?

Beda paling utama yaitu pengeluaran kita lebih hemat. Pertama, kita tidak perlu setiap hari keluar uang, antre BBM. Kemudian bulanan tidak pusing untuk servis, ganti oli, tune up dan seterusnya. Saya punya Tesla sudah empat tahun. Sampai sekarang tidak banyak keluar uang untuk urusan mobil.

Bagaimana soal kenyamanan?

Oh lebih nyaman. Tidak ada suara, lebih halus. Suspensi sama dengan konvensional. Tidak ada bedanya.

Apa plus dan minus mobil listrik?

Jadi plusnya itu tadi saya bilang, bebas biaya harian dan bulanan untuk servis. Kemudian perawatannya sama sekali tidak ada. Kalau ban tipis ya ganti ban. Kalau kampas rem habis ganti kampas. Begitu pula perawatan AC. Sudah itu saja. Saya melihatnya sampai saat ini tidak ada kelemahannya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved