Breaking News:

Berita Banda Aceh

Brimob Polda Aceh Gelar Latihan SAR Bersama TNI, Basarnas, dan BPBA, Ini Tujuannya

Latihan Search and Rescue (SAR) pencarian dan penyelamatan itu dilaksanakan di Mako Kompi 1 Yon A Por, Ujung Batee, Aceh Besar.

FOR SERAMBINEWS.COM
Brimob Polda Aceh melaksanakan latihan SAR bersama TNI, Basarnas dan BPBA Aceh yang dipusatkan i Mako Kompi 1 Yon A Por, Ujung Batee, Aceh Besar, Selasa (23/2/2021). 

Latihan Search and Rescue (SAR) pencarian dan penyelamatan itu dilaksanakan di Mako Kompi 1 Yon A Por, Ujung Batee, Aceh Besar.

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Personel Satuan Brimob Polda Aceh, melaksanakan latihan SAR bersama TNI serta melibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Aceh, Selasa (23/2/2021).

Latihan Search and Rescue (SAR) pencarian dan penyelamatan itu dilaksanakan di Mako Kompi 1 Yon A Por, Ujung Batee, Aceh Besar.

Latihan bersama yang dipimpin Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Aceh, Kompol Akmal SE MM, menyebutkan latihan SAR bersama tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara TNI dari Yonif Yonif Raider 112/Dharma Jaya Kodam IM, Polri dari Brimob Polda Aceh serta Basarnas serta BPBA Aceh.

Lebih lanjut Kompol Akmal menjelaskan latihan bersama yang mengangkat tema 'Latihan SAR Bersama Demi Terciptanya Sinergitas TNI, Polro, Basarnas dan BPBA Aceh', itu merupakan bentuk kesiapan masing-masing satuan dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam, khususnya gempa bumi.

Baca juga: Satpol PP dan WH Segel Hotel di Jalan Mr Muhammad Hasan, Tak Berizin dan Pernah Langgar Syariat

Menurut Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Aceh ini, materi latihan yang dipraktekkan adalah latihan SAR darat dengan skenario melakukan penyelamatan atau evakuasi korban dari ketinggian.

"Teknik-teknik evakuasi korban dari ketinggian yang diaplikasikan saat latihan didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang disesuaikan dengan kondisi korban dan lapangan," sebut Kompol Akmal, kepada Serambinews.com, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya kegiatan itu sangat perlu dilaksanakan mengingat wilayah Aceh rentan terhadap bencana gempa bumi.

Baca juga: Gara-gara Berkelahi dengan Petarung MMA, Seorang Pemain Sepak Bola Harus Dioperasi di Rumah Sakit

Sementara itu Kabagops Satbrimob Polda Aceh, Kompol Tasmin, SH, MH, sebagai direktur latihan menambahkan bahwa latihan bersama itu di samping meningkatkan kemampuan personel juga sebagai momen menyamakan persepsi serta cara bertindak saat berada di lapangan

"Latihan bersama ini merupakan kolaborasi kemampuan masing-masing satuan dan diharapkan mampu mewujudkan kesiapan masing-masing satuan agar selalu dalam kondisi siap apabila dibutuhkan," sebutnya.

Melalui latihan gabungan itu juga diharapkan menjadi momen bertukar informasi seputar perkembangan teknologi dan peralatan SAR, pungkas Kabagops Kompol Tasmin.(*)

Baca juga: Seorang Bocah di Aceh Utara Tenggelam di Sungai Saat Bermain dengan Temannya

Baca juga: Sekdes dan Pegawai Desa Selingkuh, Apel Tengah Malam, Sandal Jadi Bukti Cinta Terlarang

Baca juga: Maling Miskin Ditembak, Curi Komputer Jalan Kaki ke Sekolah, Tak Punya Motor, Modal Cuma Obeng

Penulis: Misran Asri
Editor: Ibrahim Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved