Breaking News:

Beerita Bireuen

Prodi Hubungan Internasional Umuslim Hasilkan Lulusan Perdana

Prodi Hubungan Internasional (HI) Umuslim merupakan satu-satunya program studi HI yang ada di Provinsi Aceh.

Dok humas umuslim
Lulusan prodi HI Fisipol Umuslim Jumhuri S.Hub.Int asal Gulumpang Tujoh, dan Asrita S.Hub.Int asal Cot Bate dan yang sama-sama telah diwisuda pada tanggal 20/02/2021. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Program studi ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang berdiri sejak 2016 lalu sudah menghasilkan dua orang  lulusan perdana pada wisuda Sabtu (20/02/2021).

Keduanya  berhak menyandang gelar Sarjana Hubungan Internasional (S Hub.Int). Kedua mahasiswa yang meraih  gelar sarjana perdana pada prodi tersebut yaitu Asrita SHubInt,  asal Cot Bate, Kecamatan Kuala dan Jumhuri SHubInt, asal Gulumpang Tujoh, Matangkuli, Aceh Utara.

Kabag Humas Umuslim, Zulkifli M Kom kepada Serambinews.com, Selasa (23/02/2021) mengatakan, Kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa prodi hubungan internasional Umuslim angkatan pertama yang telah menyelesaikan masa studi selama 4 tahun, prodi HI Umuslim merupakan satu-satunya program studi HI yang ada di Provinsi Aceh.

Disebutkan, proses sidang skripsi sebenarnya telah dilangsungkan pada tahun 2020 lalu, namun prosesi wisuda baru bisa dilaksanakan tahun ini karena pertimbangan kondisi Covid-19, serta pelaksanaan serentak dari program studi lain dalam lingkup Umuslim.

Disebutkan, walaupun prodi HI baru di lingkungan Umuslim tetapi akreditasinya sudah akreditasi B (Baik Sekali).

Selain itu, mahasiswanya  juga banyak berprestasi  baik tingkat daerah, nasional bahkan Asean seperti menjadi perwakilan Indonesia di forum ASEAN, peserta pertukaran mahasiswa ke Jepang, juga sebagai peserta magang di Perusahaan Global Shala yang berpusat di India, ungkap Kabag humas dan kemahasiswaan  Zulkifli, M.Kom.

Kemudian ada dua mahasiswa  dari Indonesia yang lulus,  satu dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan satu lagi dari Universitas Almuslim Peusangan Bireuen. Ketua Prodi HI  Umuslim Fauzi SIP MA, merasa terharu atas pencapaian yang telah diraih prodi yang dipimpinya, mereka telah melewati proses panjang hingga bisa mencapai titik sekarang ini.

Mendidik mahasiswa merupakan amanah berat. “Alhamdulillah, berkat bantuan dari Allah SWT dan kerjasama semua pihak, Alhamdulillah bisa melahirkan lulusan pertama,” ujarnya.

Lulusan HI dan prodi lainnya yang telah diwisuda pada Sabtu dan Minggu (20-21/02/2021) dua hari lalu diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan berkelanjutan di Aceh, nasional maupun  Internasional, Insya Allah, ucap Fauzi SIP MA.(*)

Baca juga: Radiasi HP dan Laptop Bisa Picu Kanker Otak, Benarkah? Berikut Penjelasan Lengkap Dokter

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 Tambah Dua Warna Baru, Harga Naik Tipis

Baca juga: Bupati dan DPRK Sepakat Perjuangkan Dana Otsus Aceh Menjadi Abadi, Jangan Kalah dari Papua

Baca juga: Skutik Retro Klasik Beneli Siap Dihadirkan di IIMS Hybrid 2021

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved