Breaking News:

Polres Bireuen Cek Senpi Personel

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi memeriksa seluruh senjata api (senpi) yang digunakan anggota Polres setempat

Editor: bakri
For Serambinews.com
Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi didampingi para pejabat utama Polres dan Kapolsek, Senin (01/03/2021). 

BIREUEN- Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi memeriksa seluruh senjata api (senpi) yang digunakan anggota Polres setempat, dan jajaran Polsek. Cek berbagai jenis senpi dilakukan di Lapangan Hijau 99 Wir Pratama Polres Bireuen, Senin (1/3/2021).

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat melalui Kasubag Humas Polres, Ipda Marzuki didampingi Paur Humas, Bripka Safwan Rizal kepada Serambi, Senin (1/3/2021), Kapolres usai melaksanakan apel langsung memberikan arahan kepada anggota untuk kegiatan lanjutan.

Kegiatan lanjutan yaitu pemeriksaan seluruh senjata api. Di mana pengecekan senpi itu dilakukan Kapolres Bireuen didampingi para pejabat utama Polres, Kasie Propam, dan para Kapolsek.

“Pak Kapolres mulanya memeriksa surat  izin penggunaan senjata oleh personil. Setelah izin diperlihatkan, kemudian langsung  memeriksa satu persatu senjata. Selain itu, kebersihan dan kondisi senjata baik senjata laras pendek maupun panjang,” ujar Ipda Marzuki.

Dalam pemeriksaan itu, Kapolres dengan teliti menyaksikan satu persatu kondisi senjata api anggota. Apabila ada yang kurang jelas, maka langsung ditanyakan kepada penggunanya. Pemeriksaan cek senjata api, kata Kapolres Bireuen, dilakukan secara rutin sekaligus untuk mengantisipasi penyalahgunaan pemakaian senjata api.

Kegiatan tersebut berjalan lancar. Kapolres Bireuen mengharapkan kepada personil yang diberikan izin menggunakan senjata api untuk senantiasa memelihara dengan baik, dan menggunakan sebagaimana mestinya. Sehingga, dalam penggunaannya tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Ipda Marzuki mengungkapkan, bahwa pengecekan itu dalam upaya memperketat kepemilikan senjata api (senpi) bagi anggota Polri. Hal itu menyusul adanya insiden penembakan di sebuah cafe di Jakarta yang dilakukan oknum anggota Polri, Kamis (25/2/2021) pagi.

Pengecekan senjata api khususnya senjata genggam atau laras pendek di Polres Bireuen berjalan lancar. Hanya saja, sebagian pemegang kartu psikologis masa berlakunya hampir berakhir.

Hal itu disampaikan Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi melalui Paur Humas Bripka Safwan Rizal kepada Serambi, Senin (1/3/2021). Disebutkan, sebanyak 120  senjata genggam yang digunakan sehari-hari oleh personil diperiksa kondisinya. Akan tetapi, pemegang senjata mengakui izin yang mereka kantongi hampir berakhir. “Ada yang tinggal satu minggu lagi izinnya berakhir,” ujar Safwan Rizal.

Sedangkan pemeriksaan psikologi terhadap pemegang senjata belum dilakukan, dan biasannya dilaksanakan oleh tim Polda Aceh. Mereka akan diperiksa enam bulan sekali saat turun ke daerah mengadakan ujian psikologis bagi yang memegang senjata genggam.(yus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved