Breaking News:

Video

VIDEO - 10 pengunjuk rasa tewas dalam peningkatan tindakan keras Myanmar

Tujuh orang tewas di Mandalay, dan tiga di Yangon, Magway, dan Myingyan sebagai akibat dari tindakan keras pasukan keamanan terhadap para pendemo.

SERAMBINEWS.COM, YANGON - 10 orang tewas di Myanmar pada Rabu (3/3/2021) ketika polisi dan pasukan keamanan menggunakan senjata api untuk membubarkan pengunjuk rasa anti-kudeta, menurut media lokal.

Massa dalam jumlah besar turun ke jalan di kota-kota seluruh negeri menuntut pemulihan pemerintahan sipil dalam menghadapi penindasan yang kejam oleh polisi dan pasukan keamanan.

Kelompok-kelompok yang berpartisipasi dalam protes nasional melaporkan bahwa tujuh orang tewas di Mandalay, dan tiga di Yangon, Magway, dan Myingyan sebagai akibat dari tindakan keras pasukan keamanan terhadap para pengunjuk rasa.

Sebelumnya dilaporkan bahwa di Yangon, seorang pendemo meninggal karena luka tembak, lapor Khit Thi Media.

Video yang viral di media sosial menunjukkan polisi mendirikan barikade sementara di kota Okalapa utara Yangon.

Pengunjuk rasa yang meninggal di Myingyan adalah seorang gadis berusia 14 tahun.

300-an pengunjuk rasa ditahan setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa di Yangon, menurut laporan ini.

ASEAN meminta semua pihak di Myanmar untuk mencari solusi damai melalui dialog yang konstruktif dan rekonsiliasi untuk kepentingan masyarakat.

Pertemuan khusus para menteri luar negeri ASEAN yang dipimpin Brunei Darussalam diselenggarakan secara virtual untuk menyikapi situasi politik terkini di Myanmar pasca kudeta 1 Februari 2021 dan mencari solusi atas krisis lanjutan.

Ditambah upaya lanjutan Myanmar dalam menangani situasi di negara bagian Rakhine, termasuk dimulainya proses repatriasi secara sukarela, aman dan bermartabat sesuai dengan perjanjian bilateral dengan Bangladesh.(*)

Sumber: Anadolu Agency

Baca juga: Sosok Gadis 19 Tahun Tewas Ditembak di Kepala oleh Militer Myanmar, Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman

Baca juga: VIDEO Militer Myanmar Serang Pendemo Pakai Peluru Tajam, 10 Orang Meninggal Termasuk Gadis 14 Tahun

Penulis: yuhendra saputra
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved