Breaking News:

Tol Aceh, Kado untuk Masyarakat di Ujung Barat Indonesia

DARI gerbang Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, hanya butuh waktu lima menit untuk mencapai pintu Tol Sigli-Banda Aceh

Editor: bakri
DOK HUTAMA KARYA
Salah satu persimpangan di Tol Banda Aceh-Sigli dengan pemandangan Gunung Seulawah. 

DARI gerbang Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, hanya butuh waktu lima menit untuk mencapai pintu Tol Sigli-Banda Aceh. Gapura mewah bertuliskan 'pintu tol Blang Bintang' akan menyambut para pengendara.

Jalan Tol Aceh memanjang membelah hamparan sawah dan ladang-ladang milik warga. Jika padi sedang menghijau, melintasi tol Aceh akan sangat memanjakan mata. Di kejauhan pegunungan bukit barisan juga tampak memanjang bak benteng alam.

Meski belum seluruhnya selesai, bagi masyarakat Aceh, kehadiran tol ini bak kado perdamaian. Pasalnya, Provinsi paling barat Indonesia ini masih minim infrastruktur setelah puluhan tahun didera konflik bersenjata. Sehingga jadilah tol pertama di Aceh ini disambut meriah oleh masyarakat.

"Sekarang Aceh sudah punya tol, jika dulu hanya bisa melihatnya saat ke Jawa, sekarang sudah bisa kita rasakan sendiri di sini," ujar Nasril, Warga Aceh Besar.

Tol Banda Aceh-Sigli itu memiliki panjang 74 km, dengan melintasi wilayah Aceh Besar dan Pidie. Jika seluruhnya sudah rampung, maka tol ini mampu memangkas waktu tempuh Banda Aceh-Sigli hingga 1,5 jam. Jika biasanya butuh waktu 2,5 jam, maka nanti cukup 1 jam.

Pembangunan tol ini tergolong cepat, Presiden RI Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan tol pada Desember 2018. Berselang 20 bulan kemudian, tepatnya Agustus 2020, Jokowi kembali ke Aceh untuk meresmikan tol paling ujung barat Indonesia ini. Serta menjadi yang pertama di Aceh. Jokowi juga memuji Tol Aceh sebagai tol dengan proses ganti rugi lahan tercepat.

Melalui Tol Aceh, Jokowi juga ingin memberikan pesan, bahwa kini pembangunan Indoensia benar-benar dimulai dari pinggir. Sehingga provinsi paling ujung Indonesia pun bisa merasakan tol.  "Meski situasi pandemi Covid-19, namun pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas, karena posisi infrastruktur di Indonesia yang masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain," ujar Jokowi kala itu.

Jika Agustus tahun lalu PT Hutama Karya (HK) sudah mengoperasikan ruas Blangbintang - Indrapuri. Maka pada Rabu (10/3) lalu, HK kembali mengoperasikan Tol Aceh ruas Indrapuri - Jantho sepanjang 16 km. Kini tol sudah menghubungkan Blangbintang hingga ke Jantho, yang merupakan ibukota Aceh Besar. Jika dulu jarak tempuh Blangbintang ke Jantho nyaris mencapai 1 jam, kini melalui tol, warga hanya membutuhkan wkatu 15-20 menit.

Masih menurut Nasril, dulu jika ada keperluan ke ibukota kabupaten di Jantho, mereka harus menempuh perjalanan hingga jam, kini melalui tol hanya dalam waktu 20 menit mereka sudah sampai ke Jantho atau sebaliknya.

Katanya, tol tidak hanya mendekatkan jarak untuk aktivitas ekonomi maupun pemerintahan, tapi kawasan Jantho yang memiliki banyak objek wisata semakin mudah dikunjungi warga banda Aceh.

Dalam 14 hari pertama sejak diresmikan, PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) masih menggratiskan jalan tol tersebut kepada masyarakat.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan bahwa ruas tol ini dibuka secara fungsional dalam rangka sosialisasi kepada pengguna khususnya mengenai penggunaan Uang Elektronik (UE) sebagai alat pembayaran di jalan tol, sebelum nantinya akan secara resmi dioperasikan dan ditetapkan tarifnya. Adapun masa operasional ruas tol fungsional ini adalah 24 jam.

Di sisi lain, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah memerintahkan jajarannya supaya mempersiapkan produk UMKM agar biasa mengisi rest area Tol Banda Aceh - Sigli nantinya. Khususnya untuk produk souvenir dan makanan.

Katanya, pihak berwenang harus menangkap peluang jika kehadiran tol dapat memberi dampak positig bafi UMKM di Aceh. Serta kesempatan untuk memperkenalkan produk lokal. "Untuk itu segera berkoordinasi dan membina produk lokal," ujarnya.

Saat ini pembangunan tol Banda Aceh-Sigli terus dikebut, yaitu ruas Kajhu-Blangbintang dan Jantho-Padang Tiji.(muhamad nasir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved