Breaking News:

Berita Aceh Besar

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag MA Teliti Hak Perempuan di Aceh Besar

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr Dra Nur Djannah Syaf SH MH melakukan kunjungan ke...

For Serambinews.com
Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr Dra Nur Djannah Syaf SH MH melakukan kunjungan ke Mahkamah Syar’iyah Jantho, Selasa (23/3/2021) pukul 09.00 WIB. 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr Dra Nur Djannah Syaf SH MH melakukan kunjungan ke Mahkamah Syar’iyah Jantho, Selasa (23/3/2021) pukul 09.00 WIB.

Dalam kunjungan ini Direktur didampingi oleh M Natsir Asnawi SHI MH yang disambut langsung oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho dan Wakil Ketua serta seluruh pejabat struktural dan fungsional.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan penelitian terkait implementasi pelaksanaan putusan Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Jantho yang berkaitan dengan hak-hak istri yang diceraikan serta hak-hak anak akibat perceraian orangtuanya, pada kesempatan tersebut Direktur juga melalukan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait dalam putusan tersebut.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Siti Salwa SHI MH, kepada serambinews.com dalam rilisnya, Selasa (23/3/2021) menyampaikan bahwa MS Jantho telah menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk penelitian dimaksud.

“Lita sudah menghubungi pihak-pihak yang akan dilakukan interwiew dengan berkas putusan tentang hak-hak istri dan anak dan mengundang mereka ke MS Jantho untuk diwawancarai langsung oleh direktur.

"Alhamdulillah mayoritas mereka hadir walaupun jarak tempuh dari tempat tinggal mereka ke kota Jantho sangat jauh, kami mengapresiasi hal tersebut,"ujar Siti Salwa.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjend Badilag Dr Dra Nur Djannah Syaf SH MH, menyampaikan terima kasih kepada Mahkamah Syar’iyah Jantho, yang telah menyiapkan segala sesuatu untuk terlaksananya penelitian oleh tim dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

“Saya berharap kedepan hak hak perempuan dan anak terjamin sesuai dengan peraturan perundang undangan apalagi yang sudah mempunyai putusan pengadilan dan telah berkekuatan hukum tetap, bisa terlaksana dengan baiknya, hal ini tentu dengan hadirnya pemerintah dalam hal substansi ini, intinya kita sedang menyusun format dimaksud,“ katanya.

Dalam kunjungan itu, Direktur juga meninjau seluruh ruangan gedung Mahkamah Syar’iyah Jantho untuk melihat kebersihan, kerapihan dan ketertiban setiap ruangan, khususnya ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berkaitan langsung dengan para pencari keadilan. Ruangan tunggu tahanan sidang pidana Islam ( jinayat ) yang terisi dari 4 tahanan juga ikut di monitoring oleh direktur.

Disela-sela itu beliau juga menyampaikan arahan dan pembinaan kepada setiap pegawai di masing-masing untuk selalu menjaga keindahan dan kerapian ruang kerja, karena dengan kebersihan, kerapian dan keindahan( K3) ruangan akan menambah kenyamanan dan meningkatkan semangat dalam bekerja dalam memberi pelayanan yang proporsional kepada masyakat pencari keadilan.(*)

Baca juga: Warga Tolak Pilkades Serentak Tahun 2022, DPRK Akan Panggil Pemko Lhokseumawe

Baca juga: Bupati Buka Musrenbang, Pembangunan Pidie Jaya Harus Prioritaskan Kebutuhan Publik

Baca juga: Tuha Peut dan Masyarakat Meunasah Masjid Tolak Pilkades Serentak 2022, Lakukan Audiensi dengan DPRK

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved