Breaking News:

Gubernur Lantik 15 Pejabat Eselon II

Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, melantik 15 pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh

Editor: bakri
FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH
Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, menyaksikan pejabat baru menyaksikan berita acara pelantikan di Rumah Dinas Wagub Aceh, kawasan Blangpadang, Banda Aceh, Rabu (24/3/2021). 

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, melantik 15 pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh. Pejabat yang dilantik di Aula Serbaguna Rumah Dinas Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, kawasan Blangpadang, Banda Aceh, Rabu ( 24/3/2021), itu merupakan satu dari tiga nama yang diajukan tim panitia seleksi (pansel) dan sudah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hadir dalam pelantikan itu, Sekda Aceh, dr Taqwallah, Asisten I Setda Aceh, M Jafar, Asisten II Sekda Aceh, Mawardi, Kepala BPKA, Bustami, Inspektur Aceh, Zulkifli, Kepala Biro Umum Setda Aceh Akmil Husen, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto. Hadir juga Kepala BKN Aceh, anggota tim Pansel dan para staf khusus Gubernur Aceh.

Pejabat eselon II yang dilantik kemarin yaitu Ir Cut Huzaimah MP sebagai Kadis Pertanian dan Perkebunan, Ir M Zuardi SP (Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman), Ade Surya ST ME (Kadis Pengairan), Aliman SPi MSi (Kadis Kelautan dan Perikanan), Mawardi ST (Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Dr Drs Yusrizal MSi (Kadis Sosial), dan dr Isra Firmansyah SpA sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUZA).

Kemudian, Abd Qahar SKom MM dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian Aceh, T Robby Irza SSiT MT (Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Setda Aceh), Said Anwar Fuadi ST MT (Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh), Marthunis ST DEA (Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), dr Munawar Sp.OG (K) sebagai Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak, dr Arifatul Khorida MPH (Wakil Direktur Pengembangan SDM RSUZA), serta dr Nurnikmah MKes (Wakil Direktur Penunjang RSUZA), serta dr Abdul Fatah MPPM sebagai Wakil Direktur Administrasi dan Umum RSUZA.

"Alhamdulillah, kita bersyukur, setelah melalui proses seleksi yang panjang, dimulai sejak bulan Januari lalu, sebanyak 15 jabatan pimpinan tinggi pratama di sejumlah SKPA yang sebelumnya kosong kini sudah terisi," kata Gubernur Nova mengawali sambutan pelantikan. Menurut Nova, mereka yang dilantik sudah lulus dari semua tahapan seleksi yang dilakukan secara ketat. "Saudara semua adalah yang terbaik dari 147 peserta yang mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama pada tahun ini," timpalnya.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, Nova mengucapkan selamat, apresiasi, dan penghargaan, kepada seluruh tim panitia seleksi (pansel). Tim Pansel, kata Gubernur, sudah bekerja keras memastikan seleksi jabatan itu berjalan dengan baik, sehingga mampu menghasilkan pejabat yang kompeten dan siap bekerja mempercepat jalannya roda pemerintahan demi terwujudnya capaian pembangunan yang lebih baik lagi.

Kepada semua yang dilantik, Nova berpesan untuk segera melakukan percepatan realisasi APBA. Selain itu, sebutnya, tata kelola kinerja harus lebih ditingkatkan, pembenahan organisasi, serta yang tidak kalah penting adalah upaya memerangi penyebaran Covid-19 di Aceh.

Gubernur juga berpesan agar pejabat baru dapat menjaga loyalitas, integritas, dan disiplin. Mereka semua dituntut untuk dapat berperan merajut kebersamaan dan memperkuat solidaritas internal di instansi yang dipimpin. "Perkuat komunikasi dan koordinasi dengan mitra seperti DPRA, media massa, dan LSM. Hal ini penting untuk keberlangsungan roda organisasi yang lebih baik lagi," kata Nova.

Selain itu, tambah Gubernur, inovasi-inovasi baru harus senantiasa dilakukan dan tetap berani melakukan sesuatu yang berbeda dan memiliki nilai lebih. Sehingga masyarakat akan mengenang dengan bangga karya pemerintah dalam membangun daerah.

Nova juga mengingatkan kepada semua pejabat baru agar senantiasa memastikan penerapan BEREH (Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau) di instansi yang dipimpinnya. Program donor darah yang selama ini dilaksanakan terbukti sangat membantu masyarakat, Gubernur meminta untuk terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Selain itu, tambahnya, para pejabat ini harus menjadi panutan di mana semua orang tidak boleh berhenti untuk terus mengampanyekan gerakan 3M  di lingkungan kerja, maupun lingkungan tempat tinggal dan sekitar. "Protokol Kesehatan harus dijalankan dengan ketat, namun  pada saat bersamaan, kerja dan pelayanan kepada masyarakat tetap harus maksimal dan yang utama," tutup Nova Iriansyah seperti disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto SSTP MM, dalam siaran pers kepada Serambi, kemarin.

Seperti diketahui, seleksi terbuka jabatan eselon II dilakukan Pemerintah Aceh dengan sangat terbuka dan akuntabel. Dari 167 orang yang mendaftar, hanya 147 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Panitia seleksi yang diketuai Sekda Aceh, Taqwallah, kemudian melakukan serangkaian tes, mulai dari psikhometrik, tes makalah (in-basket) dan tes presentasi, serta wawancara.

Dari semua rangkaian testing, tim pansel mengumumkan nama-nama yang lulus yaitu tiga nama untuk masing-masing posisi dan kemudian diserahkan kepada gubernur Aceh pada tanggal 10 Maret 2021. Selain Sekda selaku Ketua, Tim Pansel juga diisi oleh Inspektur Aceh, Zulkifli (Wakil Ketua). mantan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Aceh, dan Makmur Ibrahim (Sekretaris merangkap anggota).

Mantan Rektor Universitas Syiah Kuala, Abdi A Wahab, mantan Plh Rektor UIN Ar-Ranniry, Al Yasa Abubakar, serta Kepala Kantor Regional BKN XIII Aceh, Ojak Murdani, Assessor Utama BKN Aceh, Yulina Setiawati Ningsih, M Jafar (Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh) serta Iskandar AP (Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh) juga masuk dalam jajaran Tim Pansel sebagai anggota. (jal)

Daftar pejabat baru

  • Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaimah MP
  • Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, Ir M Zuardi SP
  • Kadis Pengairan Aceh, Ade Surya ST ME
  • Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman SPi MSi
  • Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh, Mawardi ST
  • Kadis Sosial Aceh, Dr Drs Yusrizal MSi
  • Direktur RSUZA, dr Isra Firmansyah SpA
  • Kepala Badan Kepegawaian Aceh, Abd Qahar SKom MM.
  • Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Setda Aceh, T Robby Irza SSiT MT
  • Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, Said Anwar Fuadi ST MT
  • Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Marthunis ST DEA
  • Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Aceh, dr Munawar SpOG (K)
  • Wakil Direktur Pengembangan SDM RSUZA, dr Arifatul Khorida MPH
  • Wakil Direktur Penunjang RSUZA, dr Nurnikmah MKes
  • Wakil Direktur Administrasi dan Umum RSUZA, dr Abdul Fatah MPPM.
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved