Breaking News:

Berita Aceh Timur

Sekda Resmikan Sekolah Ramah Anak di SMPN Peureulak

“Jadi tujuan dari penerapan sekolah ramah ini untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, sehat, ramah, dan menyenangkan, sehingga...

“Jadi tujuan dari penerapan sekolah ramah ini untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, sehat, ramah, dan menyenangkan, sehingga hak-hak anak di sekolah terpenuhi,” ungkap Sekda.

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – SMPN I Peureulak resmi melaksanakan deklarasi sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

Deklarasi penerapan SRA di sekolah itu diresmikan oleh Sekda Aceh Timur, Ir Mahyuddin Syech Kalad MSi, Kamis (25/3/2021).

Sekda dalam sambutannya berharap, dengan penerapan sekolah ramah anak di SMP N 1 Peureulak, Aceh Timur ini ke depan tidak ada lagi kekerasan.

“Saat ini kita sudah mulai mengubah konsep pendidikan, bahwa membentuk itu tidak bagus, tapi menumbuhkan. Terjadinya kekerasan selama ini karena dibentuk, tapi ke depan metode pendidikan adalah menumbuhkan secara bersama-sama dengan harapan ke depan pendidikan ke depan lebih baik,” harap Sekda.

Dasar pelaksanaan SRA ini, jelas Sekda yaitu, Pasal 54 UU Nomor 35 Tahun 2014, tentang perlindungan anak, yang menyatakan bahwa anak di lingkungan sekolah wajid dilindungi dari tindakan kekerasan.

“Jadi tujuan dari penerapan sekolah ramah ini untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, sehat, ramah, dan menyenangkan, sehingga hak-hak anak di sekolah terpenuhi,” ungkap Sekda.

Baca juga: Pencemaran Limbah, Lagi Pemkab Bekukan Izin Lingkungan Pabrik Sawit di Nagan Raya

Muslidar SH Kadis Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP3A), berharap di tahun 2022 semua sekolah di Aceh Timur, sudah menjadi sekolah ramah anak.

“Deklarasi menjadi sekolah ramah anak untuk memberikan layanan baik bagi anak dan memberikan rasa aman dan bagi anak didik di sekolah,” ungkap Muslidar.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved