Breaking News:

Berita Bisnis

Ikan Dencis dan Tongkol Aceh Dipasarkan hingga ke Jakarta, Harganya Capai Rp 17.000/Kg

Zamhur mengatakan, memasuki minggu kedua bulan Maret, hasil tangkapan boat-boat pukat nelayan PPS Lampulo, mulai banyak.

Penulis: Herianto
Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Ikan tongkol beku dari Gudang Cold Storage CV Novira Abadi Lampulo sedang dimuat ke truk cold box interkuler sebanyak 20 ton untuk dikirim ke Jakarta, Rabu (26/8/2020). 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDAACEH - Kalangan pengusaha perikanan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo menyatakan, sejak minggu kedua sampai minggu keempat Maret 2021 ini, mereka sudah mulai mengirim ikan hasil tangkapan nelayan ke Jakarta dan Pulau Jawa.

“Minggu (28/3/2021) malam kemarin, kita sudah kirim kembali ikan beku dencis dan tongkol ke Jakarta untuk yang ketiga kali. Satu kali pengiriman jumlahnya sekitar 20 ton,” kata Zamhur, Pengusaha Perikanan di PPS Lampulo kepada Serambinews.com, Senin (29/3/2021), di Banda Aceh.

Zamhur mengatakan, memasuki minggu kedua bulan Maret, hasil tangkapan boat-boat pukat nelayan PPS Lampulo, mulai banyak.

Hal ini dibuktikan, pada bulan ini, pihaknya sudah tiga kali mengirim ikan beku ke Jakarta.

“Ikan beku yang kita kirim ke Jakarta, antara lain ikan dencis, cerubok, dan bodrek. Untuk ikan dencis dibeli penampung ikan di Jakarta dengan harga sekitar Rp 16.000-Rp 17.000/Kg,” sebutnya.

Baca juga: Kapolres Bireuen Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung di Geulanggang Labu

Baca juga: Kemendikbud Naikkan Bantuan Pendidikan Hingga Rp 12 Juta Per Semester, Biaya Hidup Capai Rp 1,4 Juta

Baca juga: Gangguan Internet, Disdukcapil Pidie Gagal Perbaiki Dokumen Penerima Bansos

“Sementara cerubok dan bodrek Rp 14.000-Rp 15.000/Kg. Sedangkan dibeli dari nelayan di Lampulo, ikan dencis Rp 12.000-Rp 13.000/Kg, dan cerubok ataua bodrek Rp 9.000-Rp 10.000/Kg,” beber Zamhur.

Ikan yang dibeli dari boat nelayan, ungkapdia, , adalah kualitas sedang.Usai dibeli, ikan kemudian dibekukan, setelah itu dimasukkan ke dalam kemasan.

Setelah dikemas, kembali dimasukkan ke dalam ruang pendingin. Ikan beku baru di kirim, jika ada pesanan dari pembeli ikan beku di Jakarta.

Pengusaha perikanan lainnya, Doyok mengatakan, kendati tiupan badai di tengah luat masih kencang, hasil tangkapan ikan boat-boat nelayan di PPS Lampulo, memasuki minggu kedua bulan Maret ini, sudah mulai membaik.

Jenis ikan yang dibawa pulang, sebut Doyok, bervariasi. Antara lain, dungon dijual untuk pembelian grosir Rp 16.000/Kg, cerubok Rp 14.000/Kg, dan Bodrek Rp 16.000/Kg.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Ini Berharap Diangkat Jadi Honorer Daerah, Kini Sebagai Tenaga Pustaka di SD

Baca juga: Puluhan Guru PAI di Pijay Minta Diangkat Jadi ASN tanpa Tes, Alasannya Gara-gara Hal Ini

Baca juga: Besok, Satgas Covid-19 Aceh Gelar Vaksinasi Massal di Masjid Raya Baiturrahman, Ini Sasarannya

Ikan yang dibawa pulang boat tangkap ikan itu, kata Doyok, ada yang dibeli untuk dijual kembali ke pasar lokal dan ada juga yang dibeli untuk di jual ke luar Aceh, seperti ke Jakarta dan Pulau Jawa.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved