Breaking News:

Video

VIDEO TPI di Langsa Dibangun Tahun 1980-an Sudah Lama Tebengkalai

Penempatan TPI di lokasi itu dinilai nelayan tidak layak, karena boat ukuran besar tak dapat bersandar dan harus melewati jembatan Jalan Kuala Langsa.

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Tempat Pendaratan Ikan (TPI) KM 5 Gampong Sungai Pauh Pusaka, Kecamatan Langsa Barat, yang dibangun tahun 1980-an oleh Dinas Perikanan Provinsi Aceh, sudah lama terbengkalai alias tidak berfungsi.  

Penempatan TPI di lokasi tersebut dinilai nelayan tidak layak, karena boat ukuran besar tak dapat bersandar dan harus melewati jembatan Jalan Kuala Langsa.  

Amatan Serambinews, saat ini TPI KM 5 dimanfaatkan oleh warga untuk tempat membuat boat-boat rusak dan boat baru, serta tempat bersandar sampan kecil.  

Seorang nelayan setempat, Wak Agus, Sabtu (27/3/2021), mengatakan, TPI KM 5 Gampong Sungai Pauh Pusaka ini memang sudah cukup lama tidak berfungsi.  

Menurutnya, TPI ini dibangun sekitar tahun 80-an oleh Pemerintah Aceh.  

Saat itu, daerah ini masih berstatus Kabupaten Aceh Timur atau belum terjadi pemekaran menjadi 3 wilayah, yakni Kota Langsa, Aceh Tamiang, dan kabupaten induk Aceh Timur.  

Wak Agus menyebut, sudah ada TPI lain yang dibangun Pemko Langsa di kawasan KM 8 Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, yang jaraknya dari TPI KM 5 ini tidak terlalu jauh.  

"Boat nelayan yang melaut bersandar di TPI KM 8, karena lokasinya strategis berdekatan dengan Pelabuhan Kuala Langsa, ujarnya. (*)  

Narator: Tia Andalusia
Video Editor: Hari Mahardhika

Penulis: Zubir
Editor: Hari Mahardhika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved