Breaking News:

Pemerintah Kota Sabang Gelar Musrenbang Tahun 2022

Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang, melaksanakan Musyawarah Rencana

FOTO HUMAS PEMKO SABANG
Wali Kota Sabang, Nazaruddin SIKom, memberikan sambutan pada Musrenbang RKPK Sabang tahun 2022 yang berlangsung di Aula Bappeda Kota Sabang, Senin (29/3/2021). 

SABANG - Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Sabang tahun 2022, bertempat di Aula Bappeda Kota Sabang, Senin (29/3/2021).

Wali Kota Sabang, Na zaruddin SIKom dalam sam butannya mengatakan, per masalahan pembangunan saat ini semakin rumit. Hal ini men jadi tantangan tersendiri bagi Kota Sabang untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kinerja pembangunan melalui pengembangan perekonomian daerah dan membangun sektor-sektor unggul serta mengoptimalkan sumber daya lokal secara lebih optimal.

“Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor. Saat ini Sabang terfokus pada dua sektor yaitu, sektor pariwisata, dan sektor perikanan,” kata Wali Kota Sabang. Dia berharap Musrenbang ini dapat menjadi wadah dalam mensinergikan program- program dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Wali Kota juga mengajak serta Forkompinda Kota Sabang agar bersama-sama semaksimal mungkin untuk membangun Sabang.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan (DKPM PP) Sekretariat Wakil Presiden, Dr Ir Suprayoga Hadi MSp menjelaskan, saat ini banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh Pemerintah Kota Sabang selain infrastruktur yang menjadi pokok utama.

“Pemulihan ekonomi dan reformasi struktural, juga tidak luput menjadi hal yang harus diperhatikan terutama dalam bidang industri, pariwisata, ketahanan pangan, UMKM, infrastruktur, transformasi digital, pembangunan, reformasi perlindungan sosial, reformasi pendidikan dan keterampilan, serta reformasi kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, prioritas infrastruktur pemetaannya dapat dibagi kedalam 5 case model kriteria proyek/output prioritas yaitu aspek strategis, ekonomi, fi nansial, komersil, dan aspek manajemen. Ia berharap yang disampaikannya dapat menjadi bahan perencanaan pada Musrenbang tahun 2022 nantinya. Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Syiah Kua la, Prof Dr Marwan mengatakan, pihaknya akan siap untuk terus membantu Pemerintah Kota Sabang terutama dalam upaya bersama untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita harus terus memperkuat komunikasi partisipatif dengan kebersamaan, kekompakan, keikhlasan dan saling pengertian. Semua harus dilibatkan baik masyarakat, pengusaha, pemerintah, perguruan tinggi dan tentunya media. Kita berupaya tetap harus bersinergi,” terangnya. Dia turut mengucapkan selamat melaksanakan Musrenbang dengan harapan dapat menghasilkan program yang strategis untuk kesejahteraan masyarakat.(hks/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved