Breaking News:

DPRA Dukung KPK Cegah Korupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri melakukan pertemuan dengan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh

FOTO HUMAS KPK
Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin menyerahkan cendera mata kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri di Gedung DPRA, Jumat (26/3/2021). 

BANDA ACEH - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri melakukan pertemuan dengan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Jumat (26/3/2021). Pertemuan itu dalam rangka melakukan audiensi dan koordinasi terkait program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah Aceh.

Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin yang memandu pertemuan itu memberikan apresiasi atas kehadiran KPK dan menyambut baik ajakan KPK untuk bersama-sama mencegah korupsi di Aceh.

Korupsi, sebut Dahlan, merupakan kejahatan yang sangat luar biasa seperti terorisme dan narkoba yang menjadi musuh bersama. Secara subtansial, lanjutnya, DPRA memahami UU No 19 tahun 2019 tentang KPK dan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

“Namun secara teknis DPRA membutuhkan masukan KPK terkait mekanisme agar upaya pencegahan dapat dilaksanakan secara bersama, sehingga pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRA terkait penganggaran dan pengawasan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dalam diskusi yang berlangsung, sejumlah anggota DPRA juga menyampaikan masukan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas.

Beberapa di antaranya terkait perbedaan pemahaman secara hukum antara eksekutif dan legislatif dalam menyikapi sejumlah peraturan, terkait keberadaan sejumlah peraturan yang implementasinya dirasakan menghambat pelaksanaan tugas anggota DPRA.

Dalam kesempatan itu, wakil rakyat mengusul adanya perbaikan dalam sistem politik Indonesia yang menjadi sumber korupsi karena politik berbiaya tinggi.

Selain itu, anggota DPRA juga meminta penambahan jumlah pegawai KPK agar dapat melakukan pendampingan yang lebih luas dalam peningkatan kapasitas anggota DPRA, khususnya pemahaman terkait antikorupsi.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved